Ilustrasi makanan khas Sulut yang kaya gizi/Net
Ilustrasi makanan khas Sulut yang kaya gizi/Net
KOMENTAR

BICARA tentang obesitas, banyak orang mungkin menyangka bahwa Jakarta menjadi daerah dengan angka obesitas tertinggi.

Alasannya, di Jakarta, segala kuliner kekinian tersaji di mana-mana. Akses transportasi yang sangat memudahkan, juga layanan pesan antar yang sudah menjadi bagian gaya hidup. Semua membuat warga ibu kota mager alias malas bergerak yang tentu saja menyumbang signifikan pada kenaikan berat badan.

Tapi ternyata, data Kementerian Kesehatan yang didapat dari BMI (indeks massa tubuh) menunjukkan bahwa Sulawesi Utara menjadi daerah dengan kasus obesitas paling tinggi di Indonesia.

Berikut ini adalah 10 wilayah dengan kasus obesitas terbesar di Tanah Air.

  1. Sulawesi Utara
  2. DKI Jakarta
  3. Papua Barat
  4. Kepulauan Riau
  5. Kalimantan Utara
  6. Sumatra Utara
  7. Maluku Utara
  8. Gorontalo
  9. Aceh
  10. Riau

Diketahui bahwa indeks massa tubuh didapatkan dari berat badan dibandingkan dengan tinggi badan lalu dikuadratkan. Dari data Riskesda (Riset Kesehatan Dasar) yang dilaksanakan Badan Litbang Kemenkes RI, diketahui bahwa hampir seperlima penduduk usia 18 tahun ke atas di Indonesia mengalami obesitas.

“Sulawesi Utara, dibandingkan Jakarta dan Papua, selain dibandingkan dengan jumlah penduduk juga dikaitkan dengan adat dan kebiasaan,” ungkap Kepala Seksi Penyakit Diabetes Melitus Kementerian Kesehatan RI dr. Esti Widiastuti dalam konferensi pers (11/7/2023).

Kebiasaan tersebut ditambahkan dr. Esti, salah satunya adalah kebiasaan berpesta yang menyediakan makanan tradisional melimpah, yang biasanya mengandung lebih banyak karbohidrat dan gula.




Menkes Budi: Deteksi Dini Kanker Bisa Dilakukan di Puskesmas

Sebelumnya

Pentingnya Kesehatan Mental Ibu Melahirkan, RS Marzoeki Mahdi & King’s College London Hospital Tanda Tangani Kerja Sama

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News