KOMENTAR

GENETIKA memang berperan dalam mewariskan kecerdasan si buah hati. Namun demikian, orang tua harus memahami bahwa ada sejumlah faktor eksternal yang dapat memengaruhi kecerdasan anak.

Salah satu yang memegang peranan penting adalah lingkungan. Banyak hal dalam lingkungan yang bisa berkontribusi positif maupun negatif terhadap kecerdasan anak.

Mulai dari pola asuh, asupan nutrisi, pendidikan, hingga hubungan emosional antara orang tua dan anak, semua akan berdampak pada kecerdasan anak. Apakah dapat berkembang dengan baik sesuai tumbuh kembangnya, atau justru sulit dikembangkan karena banyak faktor yang mengganggu.

Ada banyak cara yang bisa ditempuh orang tua dalam mengoptimalkan kecerdasan anak. Salah satunya adalah dengan mengajarkan bahasa asing.

Sejumlah penelitian menunjukkan anak yang belajar bahasa asing mempunyai tingkat kecerdasan lebih tinggi dibandingkan anak yang hanya berbicara satu bahasa.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya kita sebagai orang tua memperkenalkan bahasa asing sejak dini kepada si kecil. Kita bisa menggunakan cara yang menyenangkan melalui buku bacaan, lagu, atau video.

Semakin bertambah usia, kita bisa mendaftarkan anak ke kursus atau les privat bahasa asing. Saat ini juga sudah banyak kursus bahasa Inggris online, baik yang gratis maupun berbayar, yang bisa diikuti anak-anak untuk mengasah kemampuan bahasa asing mereka.

Dengan menguasai bahasa asing, bukan hanya kecerdasan yang bisa dioptimalkan, melainkan juga menjadi bekal sebagai keterampilan di masa depan.




Bunda, Yuk Persiapkan Mental Si Kecil untuk Semangat Kembali ke Sekolah

Sebelumnya

Balita Usia 2-3 Tahun Mulai Sering ‘Meledak’ dan ‘Ngotot’, Ini 6 Cara Menghadapinya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Parenting