Presiden Jokowi dan Ibu Iriana menyambut Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako di Istana Bogor (19/6/2023)/ ANTARA
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana menyambut Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako di Istana Bogor (19/6/2023)/ ANTARA
KOMENTAR

JAMUAN makan siang yang digelar Presiden Joko Widodo di Istana Bogor dengan tamu Kaisar Naruhito menghadirkan kesan mendalam di hati pejabat Jepang. Tak hanya hidangan lezat, musik yang mengiringi jamuan juga tak lepas dari perhatian.

Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako menikmati santap siang di Istana Bogor pada Senin (19/6/2023).

“Ada biola dan sasando dari NTT, juga pemilihan lagu yang luar biasa. Ada lagu daerah, bahkan ada lagu Jepang dimainkan dengan biola dan sasando,” kata Kojiro Shiojiri, Sekretaris Pers Kaisar Jepang.

Menurutnya, hidangan santap siang yang disediakan memperlihatkan kekayaan kuliner Nusantara yang sangat beragam. Semuanya memperlihatkan ciri khas masing-masing daerah di Indonesia. Shiojiri juga memuji rasa makanan yang sangat lezat.

Di hadapan Presiden Jokowi, Kaisar Naruhito menjelaskan bahwa dia ingin mempelajari keanekaragaman masyarakat dan budaya Indonesia selama kunjungannya di Tanah Air.

“Kami ingin mengenang dan berkenalan dengan orang-orang yang berkontribusi dalam meningkatkan persahabatan antara kedua negara,” ujar Kaisar Naruhito, seperti disampaikan kembali oleh Sekretaris Shiojiri.

Kaisar Naruhito mengharapkan pertukaran generasi muda antara Indonesia dan Jepang dapat terus dilakukan dan hubungan persahabatan kedua negara akan semakin erat.

Kunjungan Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako bertepatan dengan peringatan 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang sekaligus 50 tahun kerja sama ASEAN dan Jepang.

Kunjungan kenegaraan selama lima hari ini adalah yang pertama kalinya sejak Kaisar Naruhito naik takhta pada Mei 2019.




Din Syamsuddin Jadi Pembicara dalam Sidang Grup Strategis Federasi Rusia-Dunia Islam di Kazan

Sebelumnya

Buku “Perdamaian yang Buruk, Perang yang Baik” dan “Buldozer dari Palestina” Karya Teguh Santosa Hadir di Pojok Baca Digital Gedung Dewan Pers

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News