KOMENTAR

PENELITIAN berjudul Marital Boredom Now Predicts Less Satisfaction 9 Years Later menunjukkan bahwa rasa bosan dengan pasangan sebenarnya adalah hal yang wajar terjadi. Namun, rasa bosan itu perlu segera diatasi agar tidak berdampak negatif terhadap hubungan suami istri.

Studi ini juga menyimpulkan bahwa hubungan dengan pasangan yang dipelihara dengan baik dan bikin mereka merasa dekat, sangat memengaruhi kebahagiaan serta kesehatan dalam pernikahan.

Dikutip dari Verywell Mind, ternyata ada banyak faktor yang menjadi penyebab munculnya rasa bosan dengan pasangan. Namun, hanya ada dua faktor saja diduga jadi alasan yang paling kuat yaitu komunikasi dan kurangnya waktu bersama.

Para ahli menyarankan, sebelum menyimpulkan bahwa kita benar-benar sedang dalam fase bosan dengan pasangan, ada baiknya introspeksi diri terlebih dahulu. Tanyakan pada dirimu apakah benar-benar bosan atau hanya merasa kurang nyaman.

Lalu, apa saja yang bisa kita lakukan saat merasa bosan dengan pasangan?

1. Harus punya common goals

Yes! Common goals atau tujuan bersama, jadi hal yang nggak kalah penting untuk diterapkan. Belajar dari pasangan Titi Kamal dan Christian Sugiono, common goals dianggap sebagai sebuah pencapaian yang dapat dilakukan bersama-sama.

Tujuannya agar kita dan pasangan merasa semakin dekat. Sehingga nantinya akan semakin mengenal karakter pasangan meskipun sudah menikah lebih dari 10 tahun sekalipun.

2. Lebih terbuka dengan pasangan

Keterbukaan dalam sebuah hubungan, jadi hal yang sangat penting dilakukan. Mengutip Bustle, jangan berharap rasa bosan akan berakhir jika kita terus-terusan menutupi perasaan kita pada pasangan.

Mulai sekarang, yuk beri tahu pasangan mengenai apa yang ada di pikiran kita dan apa yang sedang kita rasakan. Pelan-pelan, cobalah lebih terbuka dengan pasangan bahkan mengenai hal-hal kecil.

3. Ubah cara berpikir

Sering merasa curiga dengan pasangan, kadang bikin kita overthinking. Ini hanya akan membuat kita capek sendiri.

Tidak ada salahnya untuk belajar mengubah cara pikir kita. Mulailah mempercayai pasangan. Cemburu boleh saja, asal jangan berlebihan.

4. Wajib punya jadwal kencan berdua

Melihat kembali pengalaman pasangan Christian Sugiono dan Titi Kamal, meskipun mereka sudah saling mengenal lebih dari 20 tahun, mereka masih sering menghabiskan waktu kencan berdua. Sekadar pergi makan di luar dan melakukan aktivitas spontan, terkadang hal ini bisa membuat ‘bunga-bunga asmara’ mekar kembali.

Mulai sekarang, kita bisa mencoba menjadwalkan waktu kencan berdua setidaknya sebulan dua kali. Tentunya hal ini harus dibuat berdasarkan kesepakatan bersama. 

5. Cobalah hal baru dalam variasi bercinta

Hubungan pernikahan memang tidak membicarakan soal kebutuhan seks semata. Tapi pada kenyataannya hal ini sangat penting dilakukan sebagai salah satu cara agar tidak mudah bosan dengan pasangan. Cobalah beberapa variasi baru dalam bercinta agar kehidupan asmara kita tidak monoton.




Tujuh Cara Menjadi Pendengar yang Baik Ala Ahli Public Speaking

Sebelumnya

Film Horor dan Dampak Psikologisnya terhadap Anak

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family