Ilustrasi pemain esport/Pixabay
Ilustrasi pemain esport/Pixabay
KOMENTAR

ESPORT menjadi salah satu hal yang menjadi tren dan berkembang di masyarakat saat ini. Saking tenarnya, sudah ada beberapa sekolah di berbagai daerah yang dikhususkan untuk melatih dan meningkatkan bakat para pemuda dalam bermain Esport.

Sekolah Esport tersebut pun kini banyak diminati. Karena mereka melihat peluang emas dalam mengembangkan karier dan dapat berguna di masa depan.

Alasannya, esport saat ini sudah diakui menjadi salah satu cabang olahraga prestasi oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI)!

Sejak tahun 2020, esport diakui secara resmi sebagai sebuah cabang olahraga prestasi, sehingga turut diikutsertakan sebagai cabang olahraga resmi pada kompetisi tingkat nasional.

Seperti dikutip dari laman Pengurus Besar Esports Indonesia atau PBESI, termasuk salah satunya seperti pada Pekan Olahraga Nasional (PON). Maka dari itu, tak sedikit kini anak-anak yang hobi dan punya bakat main games tertarik untuk bergabung dengan sekolah esport.

Jika Bunda tertarik untuk mengajak anak bergabung dalam sekolah esport, berikut beberapa pilihan yang sudah dirangkum oleh Farah.id.

1. Bina Bangsa School Malang

Sekolah Bina Bangsa School Malang memasukkan kurikulum game di dalam pembelajarannya. Sekolah ini sejak tahun 2018 bekerja sama dan membuka program esports dengan Hardcore, salah satu iCafe terbesar di Malang.

2. Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang

Dikutip dari laman resminya, dinus.ac.id, Udinus menjadi universitas pertama di Indonesia yang berperan penting memajukan dunia gaming di Indonesia.

Beberapa cabang akan menjadi pilihan bagi atlet E-Sport Udinus, yakni Defense of Ancient (DOTA) 2 dan Counter Strike Global Offensive (CS GO), serta beberapa game sekunder lainnya.

3. Esports Academy ID

Pilihan sekolah esport di Indonesia berikutnya yakni Esport Academy ID, yang diinisiasi oleh YouTuber ternama, yakni Edho Zell. Esport Academy ID merupakan sekolah esport terbuka pertama di Indonesia yang dibimbing langsung oleh pemain profesional dari tim esport ternama.

Dikutip dari laman resminya, esportsacademy.id, Esport Academy ID memiliki dua jenis membership: Jago Membership dan Pro Membership.

Dengan mengikuti Jago Membership, peserta bisa mengikuti akses semua kursus di Esport Academy ID, mengikuti turnamen yang diadakan Esport Academy ID, serta pembentukan tim dan dilatih oleh coach.

4. SMA 1 PSKD

Dalam laman resminya, disebutkan bahwa esport di SMA 1 PSKD terbagi menjadi dua unsur yang berbeda. Ada ekstrakurikuler (ekskul) dan program pembinaan khusus.

Pada kegiatan ekskul, targetnya adalah murid yang ingin mencoba dan sekadar hobi bermain game. Kegiatan ekskul ini dijalankan satu kali dalam seminggu.

5. Petra Alpha School

Esports Academy ID resmi bekerja sama dengan Petra Alpha School mencanangkan program intrakurikuler pada tahun pembelajaran 2022/2023.

Artinya materi esport termasuk dalam kegiatan utama sekolah yang dilakukan dengan menggunakan alokasi waktu yang telah ditentukan dalam struktur program.




Finansial Antijebol PascaLebaran, Ini Tips dari OJK

Sebelumnya

4 Tips Aman dan Nyaman Berwisata Saat Libur Lebaran

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family