Newborn/Pixabay
Newborn/Pixabay
KOMENTAR

RASA sakit saat proses persalinan normal membuat ibu hamil sedikit resah. Namun dengan berbagai perkembangan di dunia kedokteran, kini calon ibu bisa melakukan persalinan normal minim rasa sakit.

Salah satunya adalah dengan melakukan metode Bradley. Metode ini dipercaya mampu membuat proses melahirkan menjadi lebih mudah dan rasa sakit diklaim lebih berkurang.

Metode Bradley diperkenalkan oleh dokter Robert Bradley pada tahun 1947. Metode persalinan ini lahir untuk menepis anggapan bahwa persalinan secara alami menyeramkan dan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

Sebelum melahirkan dengan metode Bradley, ibu hamil dan suami perlu mengikuti kelas prapersalinan yang tersedia di rumah sakit. Kelas prapersalinan untuk metode Bradley umumnya dimulai saat kehamilan menginjak usia 5 bulan atau setidaknya selama 12 minggu sebelum persalinan.

Dengan menggunakan metode ini, diyakini bahwa persalinan bisa terjadi secara alami dan sebenarnya tidak membutuhkan obat-obatan antinyeri.

Campur tangan medis dan obat-obatan, seperti operasi caesar atau episiotomi, hanya diperlukan pada kondisi tertentu atau situasi yang gawat.




Benarkah Cuaca Panas Ekstrem Berbahaya Bagi Penderita Diabetes?

Sebelumnya

5 Manfaat Spesifik Vitamin C bagi Kesehatan Tubuh

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health