Ilustrasi papan penunjuk Fakultas Psikologi UI/ Net
Ilustrasi papan penunjuk Fakultas Psikologi UI/ Net
KOMENTAR

KEHIDUPAN Gen Z identik dengan teknologi. Di tengah kian canggihnya teknologi informasi, tak heran bila masa depan Gen Z kerap dikaitkan dengan profesi yang berhubungan erat dengan teknologi dan dunia digital.

Tapi ternyata, ada 4 (empat) jurusan di universitas yang sesuai dengan karakter Gen Z namun tidak berkaitan dengan teknologi.

#1 Psikologi. Ilmu yang fokus membahas seputar mental dan kejiwaan yang berpengaruh pada perilaku manusia, Gen Z yang kerap mempelajari kepribadian manusia sangat cocok untuk mengambil jurusan ini di bangku kuliah.

Psikolog tak hanya bisa menjadi konselor tapi juga praktisi SDM. Terlebih dengan kondisi zaman now yang kian rentan isu mental health, psikolog akan makin dibutuhkan kontribusinya di masa depan.

#2 Communication. Lebih tepatnya adalah creative communication; yang mengajarkan mahasiswa tentang wawasan, teori, dan keterampilan membuat konten untuk strategi bisnis perusahaan.

Punya segudang ide segar dan kerap out of the box, Gen Z cocok untuk bekerja sebagai PR consultant, brand communication specialist, hingga event organizer.

#3 Hubungan Internasional. Bukan hanya tentang memahami masalah internasional dan mencari solusi atas berbagai konflik antarnegara, disiplin ilmu Hubungan Internasional juga memerlukan ilmu pendukung lain mulai dari Ekonomi, Hukum, Sejarah, dan Sosiologi.

Dengan masuknya kita menjadi masyarakat global dan kepemimpinan Indonesia telah diperhitungkan di kancah dunia, Gen Z yang terbuka dengan segala budaya di dunia akan sangat tertantang untuk berkarier di bidang hubungan internasional.

#4 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Mungkin banyak yang bertanya bagaimana mungkin sosok Gen Z cocok menjadi guru SD? Gen Z kian menyadari pentingnya pendidikan sejak dini karena berkontribusi bagi kemajuan suatu bangsa. Mereka yang memiliki kesadaran untuk menciptakan kesejahteraan bangsa, akan tertarik untuk menjadi guru SD. Apalagi, saat ini semakin banyak SD swasta unggulan dengan fasilitas super lengkap untuk mendidik anak cerdas akademis dan cerdas karakter.




Bali Tawarkan Pariwisata Baru Kolaborasi Seni, Budaya, dan Inovasi

Sebelumnya

Festival Balon Udara 2024 di Wonosobo, Suguhkan Langit Cappadocia Khas Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Horizon