KOMENTAR

DRAMA Korea The Good Bad Mother menjadi salah satu drama yang menarik untuk ditonton, karena banyak pelajaran penting yang dipetik dari hubungan antara ibu dan anak. Drama ini adalah cerita antara ibu dan anak yang diberi kesempatan kedua oleh Tuhan. Penasaran, bukan? 

Berikut pelajaran parenting yang bisa dipelajari melalui drama The Good Bad Mother

1. Setiap Orang Punya Kesempatan untuk Berubah

Sama seperti cerita dalam dram ini, bahwa setiap orang punya kesempatan untuk berubah. Young Soon dan Kang Ho telah diberi kesempatan oleh Tuhan untuk memperbaiki hubungan mereka. Kang Ho yang lupa ingatan kembali sebagai orang dewasa dengan ingatan umur 7 tahun yang sangat menyayangi dan membutuhkan ibunya. 

2. Anak Bukanlah Penerus Cita-cita Orang Tua

Sejak kecil Kang Ho telah didisiplinkan dengan ketat untuk menjadi apa yang ibunya inginkan. Sebagai anak yang hanya mencintai orang tuanya, Kang Ho mengikuti apa yang diperintahkan ibunya. 

Bukannya tidak suka, sebenarnya Kang Ho dapat tumbuh sesuai dengan yang ibunya harapkan. Tapi ternyata ia justru merencanakan hal lain dengan ia menjadi jaksa. Hal ini kemudian sangat disesali oleh Young Soon karena takut akan mencelakai anaknya. Padahal Kang Ho sejak kecil telah menunjukkan minat dan bakatnya pada menggambar.

3. Mendidik dengan Keras Menimbulkan Ketakutan, Bukan Kedisiplinan

Young Soon selalu mendidik Kang Ho dengan keras. Bahkan Kang Ho dilarang makan hingga habis karena kenyang akan membuatnya mengantuk. Jika mengantuk maka ia akan sulit belajar. Hal ini sengaja dilakukan Young Soon mengambil makan Kang Ho ketika belum habis. 

Young Soon juga dengan tegas menetapkan batasan-batasan yang boleh dan tidak boleh Kang Ho lakukan. Memang anak akan patuh dan terkesan disiplin, padahal sesungguhnya Kang Ho sedang ketakutan. Sedangkan ibunya adalah satu-satunya orang dewasa yang ia andalkan. Kang Ho ketakutan tanpa punya pilihan.

4. Belajar Bukan Satu-Satunya Cara untuk Menjadi Berhasil

Dalam berbagai adegan masa kecil Kang Ho tidak pernah terlihat ceria. Mukanya selalu murung dan sedih. Demi belajar bahkan Kang Ho melewatkan masa bermain dan karyawisata di sekolahnya. Ia hanya fokus pada belajar.

Belajar memang membuat seseorang menjadi pintar, tapi sumber ilmu bukan hanya dari buku pelajaran bukan? Masa kecil Kang Ho yang keras membuatnya memiliki kenangan masa kecil yang menyedihkan dengan ibunya.

5. Menekan Anak Hanya akan Memupuk Rasa Benci Anak

Kang Ho selalu dituntut untuk belajar dengan tekun. Young Soon sengaja berbuat kejam dan keras agar Kang Ho menurutinya. Perasaan ini lama-lama menumpuk dan kenangan Kang Ho pada ibunya adalah kebencian.

Menekan Kang Ho tanpa sadar telah membuat Kang Ho menjadi jauh dengan ibunya. Saat dewasa ia tumbuh menjadi lelaki yang dingin kepada ibunya, padahal ia bisa menunjukkan cinta pada kekasihnya, Mi Joo.




Serial Horor Korea "Sweet Home 3" Tayang Mulai 19 Juli, Ini Informasi Lengkapnya

Sebelumnya

Wisuda Penuh Haru Shaista Tanisha, Anak Pesinetron Rionaldo Stockhorst Ini Raih Penghargaan Bergengsi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Entertainment