KOMENTAR

KEMENTERIAN Agama RI membuka kembali pendaftaran seleksi untuk Program Gelar Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) tahun 2023 yang dilaksanakan pada 5-25 Juni 2023.

Program Gelar BIB adalah program beasiswa pendidikan untuk meraih gelar akademik S1 (Sarjana), S2 (Magister), dan S3 (Doktor) di perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri yang telah ditentukan Kementerian Agama. Peserta yang lolos seleksi dan memenuhi persyaratan keberangkatan akan mendapatkan beasiswa penuh.

Sekjen Kemenag RI Nizar Ali menjelaskan bahwa Program Gelar BIB 2023 difokuskan pada stakeholders keluarga besar Kementerian Agama dan terbuka untuk semua agama.

Program Gelar BIB 2023 bertujuan meningkatkan kualitas dan daya saing pendidikan keagamaan, dari tingkat dasar hingga pendidikan tinggi, sekaligus memperluas akses stakeholder Pendidikan Agama dan Keagamaan untuk menempuh pendidikan tinggi.

Informasi seputar ketentuan dan persyaratan pendaftaran Program Gelar BIB 2023 dapat diakses lewat aplikasi Superapp Pusaka Kementerian Agama dalam menu Layanan Terpadu dengan judul "Beasiswa Indonesia Bangkit".

Seleksi pendaftar dilakukan dalam tiga tahap. Pertama, seleksi administrasi 26 Juni-2 Juli 2023 dan diumumkan pada 5 Juli. Kedua, seleksi skolastik dan psikotes 7-12 Juli 2023. Ketiga, seleksi wawancara pada 17-21 Juli 2023 dan diumumkan paa 31 Juli.

Komponen beasiswa yang diberikan mencakup biaya pendidikan (biaya pendaftaran, SPP, bantuan skripsi-seminar-publikasi jurnal internasional), biaya pendukung (aplikasi visa/residence permit, transportasi, asuransi kesehatan, settlement allowance, family allowance (khusus S3), biaya hidup bulanan, dana darurat), biaya tambahan bagi disabilitas, serta biaya peningkatan kemampuan bahasa.




Fokus pada Segmen Ritel, Bank Mega Syariah Perluas Jangkauan Nasabah untuk Halal Lifestyle

Sebelumnya

Direksi Minimarket di Malaysia Didakwa Menghina Agama karena Menjual Kaus Kaki Bertuliskan “Allah”

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News