Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

BUNDA pasti pernah punya pengalaman tentang aroma kulkas yang tidak sedap, bukan? Dan seringkali pula yang disalahkan adalah kerak bekas makanan yang menempel di beberapa rak kulkas. Tapi ternyata Bunda keliru, loh.

Ketika Bunda membersihkan berkas kerak yang menempel di rak kulkas, bau tidak sedap masih saja tercium. Ternyata, bukan kerak-kerak tersebut yang menjadi penyebab utama baunya kulkas, melainkan freezer yang jarang dibersihkan.

Area freezer sering dianggap paling steril, lantaran suhunya yang dingin dapat menghambat pertumbuhan mikroba, bakteri, ragi, dan jamur. Padahal, tidak demikian. Freezer bukan area bebas keempat mahluk di atas.

Perlu diingat, baik mokroba, bakteri, ragi, maupun jamur masih dapat berkembang biak di suhu di atas -18 derajat Celsius. Belum lagi ketika listrik di rumah padam dalam waktu yang sangat lama, bakteri-bakteri itu berpesta pora dan berkembang biak dengan sangat cepat.

Itulah mengapa kemudian makanan menjadi tidak segar lagi. Hal ini belum ditambah dengan lemak serta wangi makanan yang bisa menguap ke area freezer, bersamaan dengan bakteri di makanan. Duh, aroma tak sedap tentu sangat menusuk ke hidung.

Tapi, membersihkan area freezer bukan perkara mudah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Rajin-rajinlah menutup makanan sebelum dimasukkan ke freezer, karena bakteri rentan terlepas saat makanan dimasukkan tanpa wadah yang tertutup.
  2. Keluarkan semua barang dari sdan periksa apakah ada makanan yang membusuk, freezer hangus, atau apapun yang menjadi penyebab bau tidak sedap.
  3. Buang apapun yang telah membentuk kristal es dan simpan sisanya di kota pendingin. Periksa area lain di lemari es dan segera buang makanan yang sudah mengeluarkan bau tak sedap.
  4. Setelah semua barang dan makanan keluar, bersihkan rak dari tumpahan hingga remah-remah makanan.
  5. Lap seluruh permukaan menggunakan air sabun hangat atau campuran dua sendok makan baking soda dengan air hangat.
  6. Cuci semua rak dan kompartemen es, dan biarkan semuanya hingga benar-benar kering sebelum kulkas dinyalakan kembali.

Dalam beberapa kasus, area freezer mungkin memerlukan pembersihan lanjut dengan cara mematikan unit kulkas dan membiarkannya ‘bernapas’ selama beberapa hari.

Jika diperlukan, tempatkan soda kue di dalam freezer untuk membantu menyerap sisa bau. Atau, gunakan bantuan teknisi untuk area-area atau celan terkontaminasi.

Selamat mencoba, Sahabat Farah!




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family