Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

KONDISI isi kulkas yang berantakan, tidak hanya membuat Bunda pusing. Sulit mencari bahan-bahan yang diperlukan, bau menyengat dari makanan yang sudah kadaluarsa, sangat mungkin terjadi saat membuka kulkas.

Menjaga kebersihan kulkas sebenarnya sangat penting untuk keawetan lemari es tersebut. Juga terhindar dari bakteri dan kuman yang muncul akibat penyimpanan makanan yang terlalu lama di dalam lemari es.

Membersihkan kulkas secara rutin tentunya bisa menghindarkanmu mengonsumsi makanan kadaluarsa yang dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti alergi, diare, mual, hingga muntah.

Begitu pentingnya membersihkan kulkas untuk kesehatan keluarga. Jadi hal yang bisa Bunda lakukan adalah mempraktikkan teori GALAK, agar kulkas tidak berbau dan makanan mudah rusak.

Gunakan Aksesoris Tambahan

Langkan pertama yang Bunda lakukan adalah mengeluarkan semua isi kulkas. Pisahkan beberapa produk sesuai tanggal kadaluarsanya. Buang saja susu dan makanan kaleng yang sudah melewati batas aman. Dan untuk sayur atau buah, perhatikan apa kondisinya masih segar. Begitu pula dengan daging, ayam, dan makanan laut, periksa apakah kualitasnya masih baik.

Bisa juga Bunda kelompokan barang-barang serupa untuk memudahkan saat mencari dan tahu produk apa saja yang stoknya hampir habis.

Kemudian gunakan aksesori tambahan dalam kulkas, seperti rak tambahan, pembatas laci atau magnet untuk menempelkan barang. Tidak perlu membeli, Bunda bisa membuatnya sendiri dari karton untuk menempatkan botol agar tidak pecah jika sewaktu-waktu tersenggol dan jatuh.

Labelkan Rak

Beri label nama untuk memudahkan penataan. Selain itu, Bunda bisa langsung menaruhnya di tempat yang sesuai dengan Namanya. Bunda juga bisa meminta bantuan anak-anak untuk memasukkan belanjaan ke dalam kulkas, sesuai dengan label-label yang sudah dibuat.

Atur Barang Sesuai Ukuran

Agar tampilannya seragam dan enak dilihat, Bunda juga bisa mengaturnya sesuai ukuran. Simpan barang-barang besar di belakang dan barang-barang yang lebih kecil di depannya. Selain itu, susun botol sirup, jus, dan susu berdasarkan tingginya.

Kurangi Sampah Sisa Makanan

Jika punya sisa makanan yang ingin disimpan dan di makan lain waktu, sebaiknya tempatkan di wadah plastik bening. Maksudnya, agar Bunda tidak lupa dan bisa langsung tahu ada makanan apa yang disimpan di dalam lemari es. Dan yang terpenting, beri label serta tanggal aman untuk memakannya. Jika sudah terlalu lama, sebaiknya dibuang tanpa berpikir dua kali.




Film Horor dan Dampak Psikologisnya terhadap Anak

Sebelumnya

Tidak Mendapat Hak Waris, Ini yang Nanti Diterima Anak Adopsi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family