Ilustrasi silaturahmi/Net
Ilustrasi silaturahmi/Net
KOMENTAR

BARU-baru ini di media sosial ramai tentang postingan seorang ibu muda yang resah menjelang Idul Fitri. Ia sangat khawatir, bayinya yang baru beberapa bulan disentuh dan dicium sembarangan oleh kerabat, keluarga maupun tetangganya. Menurut si ibu muda, ketika bayi mendapat sentuhan atau ciuman dari sembarang orang, akan memunculkan risiko penyakit. Ia pun kemudian meminta saran netizen.

Sontak saja, postingannya berhasil mencuri perhatian. Kebanyakan netizen menganggapnya terlalu lebay dan meminta ia untuk tinggal saja di rumah, tanpa perlu bersilaturahmi Lebaran. Tetapi, tidak setidikit juga yang setuju dengan pendapat si ibu muda, karena memang bayi sangat rentan sekali saat disentuh oleh orang lain.

Dan benar, kekhawatiran ibu muda ini cukup beralasan. Mengutip Good Doctor, bayi merupakan mahluk yang rentan. Mereka bisa tertular berbagai penyakit dari orang tua, pun demikian dari orang asing yang tidak diketahui kesehatannya ataupun kebersihannya.

Dr Dean Blumberg dari University of California Davis Children’s Hospital menjelaskan, orang tua harus ekstra waspada jika bayi mereka masih berusia beberapa bulan. Penyebabnya, sistem imun bayi belum kuat. Kekebalan tubuh bayi akan bertambah kuat dan matang seiring bertambahnya usia mereka.

“Anak-anak rentan terhadap infeksi berat di usia satu bulan. Para bayi secara spesifik bisa terkena infeksi serius di 3 bulan pertama masa kehidupan mereka, dengan beberapa gejala yang timbul,” kata Blumberg.

Lalu, infeksi apa yang rentan menyerang bayi?

  1. Herpes simpleks, ditularkan lewat ciuman ke pipi bayi. Biasanya akan menimbulkan bintik melepuh di sekitar bibir dan mulut. Bintik ini bisa menyebar ke area wajah yang lain seperti hidung, pipi, dan dagu.
  2. Sakit pernapasan, juga ditularkan lewat ciuman ke pipi bayi. Penyebabnya adalah respiratory syncytial virus. Waspada, virus ini sangat menular!
  3. Alergi. Kandungan gluten pada lipstik yang dipakai bisa menyebabkan reaksi alergi. Begitu pula dengan bahan-bahan makanan lainnya.
  4. Kanker. Produk perawatan wajah atau skincare, mengandung zat kimia yang berbahaya bagi bayi.
  5. Penyakit tangan, kaki, dan mulut. Penyakit ini bisa timbul karena kontak fisik langsung, termasuk dari ciuman di pipi. Gejala yang timbul antara lain luka yang bermunculan di sekitar tubuh dan mulut.

Adab ketika bersilaturahmi

Agar kamu tidak berisiko menularkan penyakit pada bayi, ada baiknya ikuti beberapa tips ini:

  • Pastikan tangan kamu bersih¸ selalu bawa hand sanitizer.
  • Sentuh bagian lain. Jika beberapa orang tua melarang anak mereka dicium sembarang di pipi, cobalah menyentuh atau mencium kaki bayi.
  • Jangan berkunjung jika sakit.

Jika Bunda belum yakin juga, ada baiknya titipkan bayi ke orang yang dipercaya. Atau, katakan dengan tegas bahwa Bunda tidak ingin bayi dicium.




Temukan Manfaat Buah Kiwi yang Baik untuk Kesehatan

Sebelumnya

Hentikan Kebiasaan Menahan Buang Air Kecil, Ini Bahayanya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health