KOMENTAR

PEREMPUAN Indonesia memperingati Hari Kartini pada 21 April setiap tahun. Bukan sekadar perayaan, Hari Kartini seharusnya menjadi momen pengingat bagi setiap perempuan Indonesia untuk bercita-cita tinggi dan pantang menyerah mengejar mimpi seperti yang dicontohkan Raden Ajeng Kartini.

Selaras dengan semangat Kartini, dua selebriti papan atas Indonesia yaitu Raisa dan Dian Sastrowardoyo menyuarakan pendapat mereka tentang keberdayaan perempuan Indonesia.

Raisa Andriana

“Di Hari Kartini ini, aku berharap setiap perempuan teringat untuk mengejar mimpi-mimpinya. You and I, all of us-we can be whoever we want to be. My hope is that all of us stand strong and united with judgement. Be unstoppable ,be your own idol,” tulis penyanyi Raissa Andriana dalam akun Instagram pribadinya @raisa6690.

Istri Hamish Daud ini adalah bukti nyata sosok Kartini di era modern. Dengan kerja kerasnya, Raisa berhasil mencatatkan namanya dalam sejarah sebagai penyanyi perempuan pertama yang menggelar konser tunggal di Gelora Bung Karno (GBK).

Meski tertunda lantaran pandemi COVID-19, Raisa tak patah semangat untuk terus berkarya dan mempersiapkan diri untuk konser megah tersebut.

Tak hanya itu, Raisa juga tampak piawai mengharmonikan kesibukannya sebagai penyanyi dengan perannya sebagai seorang ibu bagi putri semata wayangnya, Zalina. Salah satunya, selalu menyempatkan diri untuk membacakan buku cerita untuk sang putri.

Dian Sastrowardoyo

Senada dengan semangat ‘dream big’ yang disuarakan Raisa, Dian Sastrowardoyo juga memberi semangat untuk perempuan Indonesia agar tidak merasa ‘kecil’ dan membandingkan diri dengan orang lain.

Dian sejatinya menyemangati perempuan Indonesia berkaitan dengan International Women’s Day, namun motivasi tentang keberdayaan itu tetap relevan dengan Hari Kartini.

Menurut ibu dari Shailendra dan Ishana itu, perempuan kerap kali merasa ‘kecil’ dibandingkan perempuan lain yang memiliki kesuksesan, keberanian, keahlian, kepintaran yang membuatnya lebih percaya diri.

Jika itu yang terjadi, Dian mengajak perempuan Indonesia untuk mengenal kembali kelebihan diri masing-masing dan memperkuat self-love.

“Kita perlu sekali sayang dan peduli terhadap diri kita sendiri, yang membuat kita benar-benar merasa nyaman dengan diri kita sendiri sekaligus segala work in progress yang sedang kita kerjakan dalam diri kita,” tulis pemeran Cinta dalam Ada Apa Dengan Cinta ini dalam akun Instagram @therealdisastr.

Dian menambahkan, setiap perempuan harus menyadari bahwa dirinya berharga, indah, dan mempunyai keunikan masing-masing. Dengan demikian, setiap perempuan akan merasa sangat nyaman dan percaya diri dengan dirinya dan tidak merasa perlu untuk berkompetisi satu sama lain.

“Jika semua perempuan merasa satu, saling mendukung, dan menguatkan satu sama lain, tidak akan ada satu hal pun yang tidak bisa kita capai. Katakan pada dirimu saat ini: terima kasih, kamu sangat berharga,” tutup Dian.




Stephanie Poetri setelah I Love You 3000, Makin Berkibar di Pentas Musik Dunia

Sebelumnya

Taylor Swift (Lagi-Lagi) Cetak Sejumlah Rekor Lewat Album Terbarunya, The Tortured Poets Department

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Entertainment