KOMENTAR

HARI Raya Idul Fitri sudah di depan mata. Berbagai persiapan untuk kegiatan silaturahmi bersama keluarga sudah dilakukan. Idul Fitri tahun 2023 ini memang menjadi istimewa setelah tiga tahun terakhir mobilitas kita masih sangat terbatas akibat pandemi COVID-19.

Meski demikian, euforia menyambut Hari Kemenangan selepas menunaikan ibadah puasa sebulan penuh jangan sampai membuat kita lupa untuk melakukan amalan atau adab yang disunnahkan Rasulullah di hari Idul Fitri.

Berikut ini 6 sunnah Nabi di Hari Raya Idul Fitri yang dijelaskan oleh Ustaz M. Abduh Tuasikal.

1# Mandi sebelum salat Idul Fitri

Mandi saat Idul Fitri disunnahkan Nabi Muhammad berdasarkan atsar dari sahabat. Imam Nawawi menyatakan para ulama sepakat bahwa mandi untuk melaksanakan salat Ied adalah sunnah. Alasannya adalah karena akan banyak orang berkumpul di tempat salat, sama seperti salat Jumat.

2 Berhias diri dan mengenakan pakaian terbaik

Ada beberapa hadis yang membicarakan perihal bagaimana berpenampilan bagus di hari raya. Salah satunya dari Jabir ra., ia berkata, “Nabi saw. Mempunyai jubah khusus yang beliau gunakan untuk Idul Fitri dan Idul Adha, juga digunakan pada hari Jumat.” (HR. Ibnu Khuzaimah)

3 Makan sebelum salat Ied

Makan sebelum salat Idul Fitri disunnahkan mengingat larangan berpuasa pada hari tersebut.

4 Bertakbir dari rumah menuju tempat salat

Setelah puasa Ramadan telah sempurna, saatnya kita untuk mensyukurinya dengan cara memperbanyak takdir.

5 Saling mengucapkan selamat (tahniah)

Sebagai sesama Muslim, mari saling mengucapkan selamat melalui ucapan maupun doa. Salah satu bait doa yang bisa kita ucapkan adalah “taqabbalallahu minna wa minkum” atau “Ied mubarak”.

6 Melewati jalan pergi dan pulang yang berbeda

Di antara hikmah dari disunnahkannya kita menempuh jalan yang berbeda antara berangkat salat Ied dan pulang salat Ied adalah agar semakin banyak bagian dari bumi Allah yang menjadi saksi ketika kita beramal saleh.




Memahami Faedah Bertawakal untuk Membebaskan Diri dari Penderitaan Batin

Sebelumnya

Menjadi Korban Cinta yang Salah

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Tadabbur