Berprestasi dalam bidang akademik maupun non-akademik/ Foto: Agung Hadiawan & SMP Islam Al Azhar 9 Kemang Pratama
Berprestasi dalam bidang akademik maupun non-akademik/ Foto: Agung Hadiawan & SMP Islam Al Azhar 9 Kemang Pratama
KOMENTAR

SMP Islam Al Azhar 9 yang berlokasi di Kemang Pratama, Bekasi merupakan sebuah sekolah swasta yang dikenal dengan budaya pendidikan yang khas serta beragam prestasi para muridnya, tak hanya di bidang akademik tapi juga bidang non-akademik.

Kepala Sekolah SMP Islam Al Azhar 9 Amirudin, M.Pd menjelaskan bahwa pihaknya sangat mendukung pembentukan karakter anak melalui berbagai kegiatan positif non-akademik.

"Kami menyebut sekolah kami sebagai sekolah talenta, kami mengusung talenta. Murid-murid kami berasal dari beragam SD negeri maupun swasta yang memiliki beragam talenta—dan tidak hanya prestasi akademik, passion kami justru pada bidang non-akademik," jelas Kepala Sekolah.

Di antara prestasi yang diraih SMP Islam Al Azhar 9 adalah meraih Juara Umum KeduaFELKA (Festival Lomba dan Kreasi Al Azhar) yang merupakan lomba bergengsi antarsekolah Al Azhar se-Indonesia. Murid-murid berhasil meraih prestasi dalam lomba solo vocal, baca puisi, menari, juga MTQ dan MHQ.

Baru-baru ini, SMP Islam Al Azhar juga meraih juara ketiga lomba Video Pendek Dokumenter se-Kota Bekasi. Sekolah ini menjadi satu-satunya sekolah swasta yang berhasil meraih gelar juara dari 93 sekolah yang mengikuti lomba.

"Pengembangan kami memang ke bidang non-akademik. Tapi akademik tetap diperhatikan, karena coresekolah adalah akademik, kurikulum adalah garda terdepan sekolah manapun. Tapi jika bicara brand SMP Islam Al Azhar 9, kami adalah sekolah talenta. Anak-anak memiliki slogan satu anak satu piala," ujar Amirudin.

Bukan slogan belaka, pada tahun ajaran 2022-2023 tercatat bahwa 70 persen murid sudah memenangkan piala. Menariknya, pihak sekolah tidak mempermasalahkan tingkat perolehan piala, apakah lomba tingkat kota, provinsi, atau nasional, piala dari lomba internal sekolah pun tetap dihitung.

"Kami menghargai apa pun prestasi mereka untuk bisa memenangkan sebuah piala, contohnya pada bulan bahasa, kami mengadakan berbagai lomba dengan hadiah berupa piala dan sertifikat yang membuat anak bahagia dan bangga," papar Kepala Sekolah.

Secara umum, sekolah-sekolah Al Azhar yang ada di Bekasi (Sub Rayon 02) memang dikenal sebagai sekolah unggulan. SMP Islam Al Azhar 9 Kemang Pratama secara khusus bahkan kerap dijadikan tuan rumah berbagai agenda penting seperti pelatihan dan seminar yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kota Bekasi.

Berbicara tentang tujuan pendidikan, Amirudin menjelaskan bahwa konsep pendidikan Al Azhar secara umum mengusung kurikulum adab, akhlak, dan karakter.

"Yang kami utamakan adalah adab dan agama, bagaimana murid menjalankan salat lima waktu melalui pembiasaan salat Zuhur dan Ashar berjamaah di sekolah, menjadi bagian dari pembentukan karakter. Melalui salat, murid bisa disiplin, jujur, taat pada guru, dan terbentuk berbagai kebaikan dalam diri mereka," tegas Kepala Sekolah.

Dengan berbagai hal positif, Kepala Sekolah menekankan pentingnya menjaga nama baik dan mempertahankan prestasi agar tetap mendapat kepercayaan—terutama dari para orang tua.

"Para guru mendapat arahan dari yayasan serta dinas pedidikan. Terkait Kurikulum Merdeka, guru kami aktif di MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Bekasi. YPI Al Azhar juga rutin mengadakan pelatihan. Semua itu demi menjaga trust. Kualitas SDM harus tetap dijaga dan dikembangkan. Kami tidak boleh berpuas diri dan harus terus belajar," ungkap Amirudin.

Keunggulan SMP Islam Al Azhar 9 Kemang Pratama




4 Keunggulan Alpukat MiKi Si Pemenang Lomba Buah Unggul Nusantara

Sebelumnya

Marhaban Ya Ramadan, Aplikasi Kitabisa Hadirkan Fitur Notifikasi Azan, Baca Quran, hingga Sedekah Otomatis

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Horizon