Masjid Raya Baiturrahman, Aceh/ Net
Masjid Raya Baiturrahman, Aceh/ Net
KOMENTAR

DI jalur mudik lintas Sumatra, kita dapat menemukan sejumlah masjid ikonik baik secara historis maupun arsitektur yang menawan.

Seperti diketahui, wisata religi menjadi salah satu keunggulan yang dipromosikan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk menarik wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri. Sebagai salah satu negara dengan populasi muslim terbanyak di dunia, sudah pasti wisata religi di Tanah Air menawarkan beragam khazanah yang bisa memperkenalkan keindahan Islam di hadapan masyarakat global.

Dalam booklet daring yang dirilis Kemenparekraf, ada lima masjid ikonik yang bisa dijadikan destinasi safari religi di sepanjang jalur lintas Sumatra.

1# Masjid Baitus Shobur

Berlokasi di daerah Tulang Bawang, Lampung, masjid ini memiliki arsitektur berkesan futuristik.

Keunikan Masjid Baitus Shobur: Bangunan berbentuk limas segilima vertikal berukuran 34x34 meter dan tinggi 30 meter dan tidak memiliki kubah. Pada bagian atap terdapat 99 lubang cahaya bertuliskan asmaul husna.

2# Masjid Al Hakim

Berlokasi di ibu kota Padang, Sumatra Barat, masjid ini terletak di tepi pantai.

Keunikan Masjid Al Hakim: Bangunan menyerupai Taj Mahal, India dengan seluruh bangunan berwarna putih keemasan. Masjid ini mempunyai empat menara dan lima kubah yang menjulang megah.

Masjid ini juga mempunyai program ATM beras, yang menyediakan bantuan beras bagi 100 KK di sekitar masjid sesuai jadwal yang telah ditentukan.

3# Masjid Raya Sumatra Barat

Berlokasi di kota Padang, Sumatra Barat, masjid ini menjadi destinasi wisata religi bagi wisatawan dari berbagai daerah di Tanah Air.

Keunikan Masjid Raya Sumatra Barat: Masjid tidak memiliki kubah namun menggunakan atap Rumah Gadang khas Minangkabau. Masjid ini memenangkan Abdullatif Al Fozan Award 2021 sebagai satu dari tujuh masjid berarsitektur terbaik di dunia. Di malam hari, gemerlap lampu menambah megah masjid ini.

4# Masjid Agung Madani Islamic Center

Berlokasi di Rokan Hulu, Riau, masjid ini juga menjadi pusat dakwah Islam.

Keunikan Masjid Agung Madani Islamic Center: Arsitektur masjid khas Arab berhias kaligrafi dan dipenuhi lampu gantung dengan total berat 2 ton. Masjid yang bisa menampung hingga 20.000 jemaah ini dilengkapi fasilitas lengkap termasuk perpustakaan hingga poliklinik untuk pemeriksaan Kesehatan.

5# Masjid Raya Baiturrahman

Berlokasi di kota Banda Aceh, Aceh, masjid ini dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612.

Keunikan Masjid Raya Baiturrahman: Ada 12 payung raksasa di halaman masjid yang menyerupai payung di Masjid Nabawi, Madinah. Di halaman masjid juga ditanam pohon kurma.

Menandai penyebaran Islam di Serambi Mekkah, masjid ini berdiri tegak saat tsunami tahun 2004 meluluhlantakkan Aceh.




Sandiaga Uno Apresiasi Dampak Positif Libur Lebaran bagi Pelaku Parekraf Tanah Air

Sebelumnya

Manis Istimewa Kurma Ajwa

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Horizon