Produk ready-to-drink, biji kopi utuh, dan hoodie/Daily Coffee News
Produk ready-to-drink, biji kopi utuh, dan hoodie/Daily Coffee News
KOMENTAR

KOPI Indonesia sejatinya memang telah mendunia. Kopi Luwak misalnya, dikenal sebagai kopi premium berharga fantastis dengan rasanya yang unik. Tak heran bila pemerintah melalui KBRI di berbagai negara menjalankan diplomasi kopi untuk mempopulerkan semakin banyak jenis kopi khas Nusantara.

Kopi yang telah menjadi komoditas global itu menarik hati penyanyi rap kenamaan Amerika Serikat Snoop Dogg yang juga dikenal sebagai entrepreneur. Pada bulan Maret, Snoop meluncurkan label produk kopi premium Indonesia bernama INDOxyz.

Snoop bermitra dengan pengusahan kopi Indonesia, Michael Riady, untuk pengadaan, pemanggangan, produksi produk minuman dingin biji utuh, pre-ground, juga ready-to-drink (RTD).

INDOxyz diluncurkan secara terbatas di California. Harga minuman dingin ready-to-drink dalam kaleng dijual seharga 5,99 dolar AS atau sekitar 90 ribu rupiah sedangkan biji kopi utuh Gayo dibanderol dengan harga 17,99 dolar Amerika atau sekitar 270 ribu rupiah.

Michael, kata Snoop, telah menunjukkan padanya kopi terbaik di dunia. Dan dari sanalah ide bisnis itu bergulir. Snoop juga mengatakan bahwa dia memiliki kecintaan terhadap Indonesia.

Keluarga Michael diketahui telah menekuni penanaman kopi di Tanah Air selama lima generasi. Lalu pada tahun 2017, Michael mendirikan Tentera Surf & Coffee Roasters, perusahaan pemanggang kopi Nusantara serba organik.

Kopi didapatkan dari para petani di Sumatra, Jawa, Bali, dan Sulawesi, kemudian dikirim ke Los Angeles tempat Michael memanggang di pemanggang Loring S15 milik Tentera, yang merupakan perusahaan induk INDOxyz.

Kopi utuh dan pra-giling serta minuman dingin RTD dikalengkan dalam kemasan kuning cerah. Produk INDOxyz kini menjadi fokus kolaborasi Michael dan Snoop yang tujuannya adalah menyorot aneka ragam kopi yang tumbuh di bumi Nusantara.

Bagi Michael, kopi adalah salah satu komoditas asli Indonesia yang menjadi salah satu identitas bangsa. Meskipun banyak negara penghasil kopi lain di dunia seperti Brazil dan Afrika, Michael menegaskan bahwa Indonesia merupakan salah satu produsen kopi terbesar dunia selama ratusan tahun.

“Kami (Indonesia) mempunyai sejarah panjang tentang kopi, hanya saja kami belum bisa memasarkannya dengan baik. Saya berkata pada Snoop, saya hanya akan menjual kopi Indonesia karena itulah yang saya kuasai,” ungkap Michael.

Snoop, dengan posisinya di dunia musik dan hiburan Hollywood, dengan ‘mudah’ memasarkannya dengan berbagai alat promosi yang efektif. Bagaimanapun juga, Snoop sendiri sudah menjadi ‘wajah’ INDOxyz.

Michael dan Snoop menjelaskan bahwa produk pertama mereka adalah kopi single-origin medium-dark roasted dari Sumatra yang bisa menjadi minuman sehari-hari yang terjangkau dan mudah didapat.

Mereka juga siap mengembangkan varian kopi yang berbeda dari waktu ke waktu. Namun intinya, Michael dan Snoop sepakat untuk hanya menghadirkan kopi asli Indonesia yang murni.

“Rasanya paling enak. Saya tahu karena sudah berkeliling dunia beberapa kali. Saya benar-benar mengawal setiap langkah INDOxyz. Ini adalah merek global, maka saya pastikan penampilan dan rasanya mewakili diri saya,” kata Snoop tentang brand kopi premium Indonesia miliknya, dilansir dari Daily Coffee News.




Stephanie Poetri setelah I Love You 3000, Makin Berkibar di Pentas Musik Dunia

Sebelumnya

Taylor Swift (Lagi-Lagi) Cetak Sejumlah Rekor Lewat Album Terbarunya, The Tortured Poets Department

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Entertainment