Sembilan perusahaan pelajar dari berbagai kota di Indonesia/ Foto: PREcious Communications
Sembilan perusahaan pelajar dari berbagai kota di Indonesia/ Foto: PREcious Communications
KOMENTAR

PRESTASI Junior Indonesia (PJI) menggelar puncak kompetisi “Company of the Year” yang diikuti para pelajar peserta program “Student Company” pada Sabtu, 18 Maret 2023 bertempat di mal Kota Kasablanka, Jakarta.

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi atas pencapaian bisnis dan pengembangan pribadi para peserta. Sembilan tim terbaik siap mempresentasikan kinerja bisnis mereka untuk bersaing memperebutkan kehormatan mewakili Indonesia di kompetisi Asia Pasifik.

Chairman of the Executive Board Prestasi Junior Indonesia (PJI)

Melalui program Student Company yang berlangsung selama hampir satu tahun, Prestasi Junior Indonesia dengan dukungan penuh dari Zurich Indonesia dan Z Zurich Foundation, Combiphar dan OBH Combi, Starbucks, AIG Indonesia, Marsh McLennan Indonesia, dan Cikarang Listrindo berupaya memberikan pengetahuan, keterampilan, dan motivasi kewirausahaan kepada para pelajar demi menciptakan peluang ekonomi baru di masyarakat.

Di tahun ini, program Student Company telah memberikan pelatihan bisnis kepada 943 siswa dari 15 kota, dan telah sukses melahirkan 38 usaha baru yang dirintis oleh siswa, dengan total pendapatan sebesar Rp290 juta selama empat bulan beroperasi.

Usaha yang dirintis para siswa diharapkan menjadi sumbangsih konkret dalam kebangkitan ekonomi Tanah Air pascaandemi.

Data Kementerian Koperasi dan UKM RI menunjukkan bahwa jumlah UMKM Indonesia meningkat menjadi 64,19 juta pada tahun 2021 dengan kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 61,97 persen atau Rp8.573,89 triliun. Selain itu, UMKM mampu menyerap 97 persen dari total tenaga kerja dan mengumpulkan hingga 60,4 persen dari total investasi di negara ini.

Produk siswa SMA 8 Jakarta

“Sejalan dengan adanya peningkatan jumlah UMKM yang signifikan di Indonesia, kami melihat program Student Company semakin relevan dan efektif dalam mempersiapkan bibit-bibit UMKM Indonesia yang unggul melalui peningkatan kompetensi kewirausahaan di kalangan pelajar.” Program ini juga diharapkan mampu melahirkan lapangan pekerjaan baru di sektor UMKM, sehingga dapat menjadi solusi dalam mengatasi tingkat pengangguran yang masih sangat tinggi di Indonesia, khususnya di kalangan generasi muda,” ungkap Ketua Dewan Pengurus PJI, Pribadi Setiyanto.

Program Student Company memberikan kesempatan bagi para pelajar untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan praktis kewirausahaan yang dibutuhkan untuk mewujudkan ide bisnis.

Melalui experiential learning, siswa didorong untuk mendirikan dan mengoperasikan usaha mikro di sekolah masing-masing, termasuk menciptakan ide produk, merencanakan strategi bisnis, menjual produk, dan melikuidasi perusahaan. Siswa diberdayakan untuk memenuhi kebutuhan atau memecahkan masalah di masyarakat dan lingkungan melalui operasi bisnis mereka. Tidak hanya itu, siswa juga didorong untuk mengoptimalkan teknologi digital sebagai bagian dari strategi operasi dan bisnis mereka.

Sementara itu, CEO PT Zurich Asuransi Indonesia, Edhi Tjahja Negara menyatakan terkesan dengan antusiasme para pelajar yang mengikuti Student Company.

“Sejalan dengan tujuan Zurich untuk Mewujudkan Masa Depan yang Lebih Cerah, kami bangga melihat generasi muda dapat menciptakan bisnis baru dengan performa yang  baik melalui Zurich Entrepreneurship Program. Kami sangat senang karena tahun 2022 lalu dapat menjalin kemitraan dengan PJI dan sejauh ini telah mensponsori 30 student company di seluruh Indonesia. Banyak dari tim kami telah membimbing student company ini selama sembilan bulan terakhir. Kami terkesan dengan antusiasme dan dedikasi para siswa, dan berharap yang terbaik untuk mereka hari ini dan di masa depan.”

Produk siswa SMA Al Jannah

Menanggapi hal tersebut, Prestasi Junior Indonesia berjanji untuk terus berkontribusi terhadap kewirausahaan nasional, terutama di kalangan generasi muda, lewat program Student Company.

Prestasi Junior Indonesia (PJI) adalah anggota organisasi non-profit terbesar di dunia, JA Worldwide, yang berdedikasi untuk membekali generasi muda mengenai pekerjaan dan kewirausahaan.

PJI menciptakan jalan menuju kelayakan kerja, penciptaan lapangan kerja, dan kesuksesan finansial dengan memberikan pembelajaran dengan pengalaman langsung yang berfokus pada kesiapan kerja, literasi keuangan, dan kewirausahaan.

Memberikan manfaat kepada lebih dari 390.000 generasi muda sejak tahun 2014, PJI merupakan salah satu organisasi yang memiliki skala, pengalaman, dan jaringan untuk menempa masa depan yang lebih cerah bagi generasi inovator, wirausahawan, pengambil keputusan, dan pemimpin berikutnya di negara ini.

Penilaian karya peserta Student Company oleh para juri

Selama empat tahun terakhir, PJI bersama jaringan JA masuk dalam daftar 10 LSM paling berdampak di dunia (peringkat ke-6 pada tahun 2022) oleh thedotgood (sebelumnya bernama NGO Advisor) yang berbasis di Jenewa.

“Ke depan, PJI akan terus mendukung dan membantu pemerintah dalam memperkuat ekosistem kewirausahaan nasional dengan terus menciptakan program-program pelatihan bisnis yang relevan dan efektif bagi para pelajar maupun generasi muda yang siap menciptakan peluang bisnis baru, sekaligus mendorong pertumbuhan sektor UMKM di Indonesia,” tutup Pribadi.




Sebelas Istri Duta Besar Ramaikan Fashion Gathering LIMOFF 2023 di Sarinah, Jakarta

Sebelumnya

Bukukan Transaksi Hingga Rp10 Miliar, DXI Berhasil Curi Perhatian 12.338 Pengunjung

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel C&E