Tangkapan layar/ Antara
Tangkapan layar/ Antara
KOMENTAR

MENTERI Keuangan Sri Mulyani menegaskan urgensi penegakan hukum yang konsisten dalam pengembangan sektor keuangan dan pertumbuhan ekonomi.

"Sektor keuangan hanya bisa berkembang jika ada kepastian hukum dan kepastian regulasi," kata Menkeu dalam keterangan resmi saat menghadiri Rakernis Bareskrim Polri yang digelar virtual, Rabu (15/3/2023)

Atas dasar itulah Menkeu mengapresiasi kinerja dan peran Kepolisian Indonesia dalam menciptakan kepastian hukum dan regulasi di Tanah Air.

Dalam pelaksanannya, Kementerian Keuangan selama satu dasawarsa terakhir mendukung penuh Polri melalui APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara). Hal itu merupakan bentuk dukungan demi prean aktif Polri memelihara stabilitas keamanan, kepastian berusaha, dan penegakan hukum.

Anggaran kepolisian tersebut dialokasikan dengan baik untuk menjamin profesionalisme, peningkatan kualitas peralatan, juga perbaikan sejumlah sarana dan prasarana.

Kenaikan anggaran Polri diyakini dapat mewujudkan institusi kepolisian yang profesional dan mampu menjalankan tugas secara presisi seperti garis arahan pimpinan kepolisian.

Sri Mulyani menganalogikan kepolisian sebagai kendaraan yang bahan bakarnya sudah diisi penuh hingga bisa tancap gas dan mengemudi secara presisi.

Dengan mulai beralihnya pandemi ke era new normal, Menkeu menekankan pentingnya menjaga keamanan dan stabilitas dalam negeri. Hanya dengan kondisi tenang itulah ekonomi Indonesia dapat stabil dan posisi ekonomi masyarakat mulai membaik.

Seperti diketahui, saat ini Indonesia telah menjadi destinasi sejumlah event internasional mulai dari MotoGP Mandalika, G20, F1 Powerboat World Championship, Piala Dunia U-20, hingga konser idola K-Pop Blackpink. Semua kegiatan tersebut mendapat antusiasme tinggi dari masyarakat di Tanah Air.

"Kami (Kementerian Keuangan) akan bersama dengan kepolisian untuk membangun stabilitas keamanan negara secara kondusif melalui peran kami dalam mendukung kepolisian dari sisi anggaran," ujar Menkeu.

Menkeu pun berharap transformasi Polri menuju instansi yang diakui, dipercaya, dan dihormati dapat terus berlanjut.




Komnas Perempuan: Saatnya Pekerja Rumah Tangga (PRT) Dihormati dan Diakui Hak-haknya Selaku Warga Negara Indonesia

Sebelumnya

Palang Merah Indonesia Berkomitmen Melanjutkan Layanan Kesehatan Keliling di Kamp Pengungsian Khan Younis

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News