Ilustrasi seseorang bermain gawai hingga tertidur/Net
Ilustrasi seseorang bermain gawai hingga tertidur/Net
KOMENTAR

DI masa modern ini, hampir semua orang menggunakan gawai dan banyak aktivitas manusia yang juga dilakukan melalui gawainya, seperti berbelanja, berkomunikasi, mengerjakan tugas, dan yang lainnya. Praktis tak banyak waktu yang dilewatkan jauh dari gawai.

Namun tahukah bahwa gawai dapat mempercepat penuaan dini?

Dikutip dari halodoc, setiap perangkat gawai seperti laptop, handphone atau televisi, dapat memancarkan cahaya biru atau blue ray. Sinar biru yang muncul dari gawai tersebut diyakini dapat memberikan dampak yang berbahaya bagi kulit. Sinar ini memancarkan panjang gelombang yang dapat memunculkan aneka warna.

Dalam jangka panjang, sinar ini dapat merusak kolagen di dalam kulit melalui stres oksidatif, meskipun kita tidak merasakannya. Senyawa di dalam kulit yang disebut sebagai flavin, bersifat menyerap paparan cahaya biru dari gawai. Dan reaksi yang terjadi saat paparan tersebut dapat menghasilkan radikan bebas yang merusak kulit.

Kadar reaksi yang terjadi pada orang-orang yang berkulit lebih gelap seperti sawo matang, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan yang berkulit cerah.  Sinar ini dapat menghasilkan hiperpigmentasi seperti bintik hitam pada kulit.

Efek paparan blue ray yang dipancarkan oleh gawai tersebut mirip dengan sinar matahari. Hanya pada sinar matahari kita masih memperoleh manfaatnya, yaitu membantu tubuh memproduksi vitamin D. Namun, tidak demikian dengan cahaya yang dipancarkan oleh gawai.

Untuk mencegah kerusakan kulit akibat gawai, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan, antara lain:

  • Menggunakan sunscreen atau tabir surya

Gunakan tabir surya, saat kita hendak menggunakan gawai dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dapat menghalangi sinar biru langsung mengenai wajah.

  • Konsumsi makanan bergizi

Pilih makanan yang mengandung antioksidan dan vitamin C yang tinggi, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Antioksidan yang terdapat dalam makanan tersebut akan membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh.

  • Minum air putih

Jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih yang cukup ketika menggunakan gawai, agar kita tidak mengalami dehidrasi yang dapat mempercepat penuaan dini.

  • Batasi penggunaan gawai

Gunakan gawai secara bijak, beri jeda tubuh untuk istirahat. Hindari penggunaannya pada saat lampu gelap di malam hari. Hal tersebut akan mampu membantu mengurangi intensitas sinar biru yang masuk ke tubuh kita.




Jangan Lengah, Ini Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Gula

Sebelumnya

Lebih dari Sekadar Menjaga Kesehatan Tulang, Yuk Cari Tahu Manfaat Lain Kalsium

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health