Ilustrasi makanan bisa memengaruhi mood seseorang/Net
Ilustrasi makanan bisa memengaruhi mood seseorang/Net
KOMENTAR

SELAIN sehat dan dibutuhkan sebagai asupan nutrisi untuk tubuh, tahukah kamu bahwa zat-zat tertentu yang terkandung dalam makanan ternyata baik untuk kesehatan mental? Zat-zat tersebut bisa memengaruhi hormon yang mengontrol mood, lho.

Food Psychology Cornell Education menyebutkan, ketika sedang dalam kondisi yang positif, tubuh akan mengirimkan sinyal tentang efek makanan dibandingkan rasanya. Sebaliknya, ketika sedang dalam kondisi negatif atau bad mood, tubuh cenderung mencari sesuatu yang nyaman dari rasa makanan yang lezat.

Tidak hanya mood yang bisa memengaruhi makanan, tetapi makanan juga bisa memengaruhi mood! Agar bebas bad mood, yuk simak beberapa rekomendasi makanan yang dianjurkan untuk menjaga mood kamu!

1. Coklat dikala 'Sedih'

Jika sedang merasa down, tubuh cenderung ingin lari ke makanan atau cemilan yang hanya membuat kenyang sesaat, seperti es krim dan makanan ringan lainnya, yang membuat perut menjadi begah.

Kalau sudah begini, urusannya bisa over weight atau kelebihan berat badan. Bagaimana jika kamu coba mengonsumsi dark chocolate. Dibanding cokelat dengan tambahan pemanis, dark chocolate terbukti mempunyai manfaat bagi sistem kardiovaskular (sistem yang membantu stabilisasi suhu dan pH pada tubuh).

Kandungan dark chocolate juga dinilai mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan melancarkan aliran darah, serta mengembalikan mood.

2. Buah Apel dan Kacang dikala 'Malas'

Sering merasa malas melakukan aktivitas? Rasa mager alias malas gerak ternyata menunjukkan bahwa tubuh sedang kekurangan serat dan protein! Cobalah mencari makanan yang kaya akan serat dan protein. Misalnya, sepiring rujak buah yang bisa Anda jadikan alternatif makanan untuk meningkatkan mood. Buah apel dan kacang almond juga cocok loh untuk mengembalikan semangat!

3. Gandum dikala 'Lemas'

Sebagian besar makanan yang mengandung energy booster berasal dari karbohidrat dan kafein, seperti dark chocolate dan gandum. Caffeine dan theobromine yang terkandung dalam cokelat bisa mem-boost level energi. Dark chocolate dianggap paling cocok dijadikan energy booster karena kadar cocoa-nya yang tinggi dengan kadar gula rendah.

Untuk mendapatkan asupan karbohidrat, pilihlah makanan yang terbuat dari gandum yang juga tinggi karbohidrat dibandingkan nasi. Beberapa alternatif olahan gandum yang bisa kamu pilih misalnya, crackers, roti gandum, dan sereal gandum. Tapi berhati-hatilah ketika mengonsumsi gandum, karena ada beberapa orang yang memiliki kecenderungan alergi pada jenis makanan satu ini.

4. Segelas Teh dikala 'Kesal'

Meminum segelas teh hangat dipercaya mampu menurunkan mood yang sedang kesal. Anda bisa mencoba menyeduh green tea yang disebut memiliki efek menenangkan berkat kandungan antioksidan epigallocatechin gallate (egcg). Dosis egcg yang cukup akan membuat mood jadi lebih tenang dan baik. Kalau kamu kurang suka teh yang cenderung pahit, coba campurkan dengan sesendok madu untuk memberi rasa manis.

Mengonsumsi makanan tidak sehat saat bad mood justru bisa memperburuk suasana hati. Jadi, sebaiknya pilihlah makanan sehat yang mengandung asam lemak omega-3, probiotik, serat, protein termasuk asam amino triptofan, asam folat (vitamin B9), dan berbagai jenis vitamin B lainnya, ya.




Jangan Lengah, Ini Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Gula

Sebelumnya

Lebih dari Sekadar Menjaga Kesehatan Tulang, Yuk Cari Tahu Manfaat Lain Kalsium

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health