Ilustrasi, ibu mengoleskan sunscreen di wajah anak/Net
Ilustrasi, ibu mengoleskan sunscreen di wajah anak/Net
KOMENTAR

KESEHATAN kulit menjadi hal penting untuk diajarkan kepada anak. Ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan kulit, salah satunya dengan pemakaian skincare.

Biasanya, Bunda mengajarkan masalah perawatan kesehatan kulit kepada anak remajanya. Sebab, masa-masa remaja dianggap sebagai masa krusial atau darurat kesehatan kulit. Permasalahan perubahan hormon dijadikan penyebab utama.

Padahal, permasalahan kulit semestinya diajarkan sejak anak balita atau menginjak usia 5 hingga 6. Mengapa demikian?

Dokter kulit dan pendiri FACET Dermatology Dr Geeta Yadav menjelaskan, pada rentang usia tersebut adalah waktu di mana Si Kecil perlu tahu tentang pentingnya menggunakan produk perawatan kulit.

“Mereka sudah dapat memahami bahwa jika bibirnya pecah-pecah atau jika lututnya kering, dibutuhkan lip balm atau pelembab sebagai pengobatannya. Anak-anak memahami lebih banyak dari yang kita berikan kepada mereka,” kata Dr Geeta, mengutip Scary Mommy.

Pertanyaannya kemudian, skincare seperti apa yang perlu dikenalkan pada anak-anak?

Jawabnya adalah sunscreen. Ya, di usia anak-anak, mereka senang sekali jika diajak beraktivitas di luar rumah. Berenang, jadi pilihan terbanyak ketika beberapa anak ditanya mengenai aktivitas menggembirakan yang sering kamu lakukan di akhir pekan.

Karenanya, penggunaan sunscreen diperlukan, untuk mencegah kulit anak terbakar. Penggunaannya pun cukup mudah, tinggal dioleskan pada kulit yang langsung terkena paparan sinar matahari.  Cara ini merupakan dasar yang bagus untuk mengenalkan perawatan kulit pada anak.

“Kerusakan akibat sinar matahari di tahun-tahun muda memberikan peningkatan risiko tahi lalat dan bintik-bintik, yang semuanya meningkatkan risiko terkena kanker kulit,” ujar Karan Lal, DO MS FAAD, dokter kulit bersertifikasi dan anggota Society for Pediatric Dermatology.

Nah, seiring berkembangnya usia mereka, Bunda bisa memperkenalkan langkah-langkah perawatan lainnya. Mulai dari penggunaan sabun pembersih wajah hingga handbody lotion untuk mencegah kulit kering. Atau, boleh juga memperkenalkan penggunaan lipbalm atau balsam bibir untuk mencegah bibir mengelupas.

Jadi Bunda, jangan ragu-ragu untuk memperkenalkan produk-produk perawatan kulit kepada anak-anak, sejak usia dini. Yang perlu diingat, berikan perawatan yang benar-benar mereka butuhkan. Tidak perlu memaksanya, tetapi berikan edukasi pentingnya merawat kesehatan kulit.




Lidah Pecah-Pecah, Tanda Kekurangan Nutrisi Tambahan yang Jarang Disadari

Sebelumnya

Dampak Buruk Minum Menggunakan Sedotan: Kebiasaan Kecil yang Merugikan Kesehatan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health