KOMENTAR

BADAN Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) dalam keterangannya (4/1/2023) menyebutkan ada potensi gelombang tinggi antara 2,5 sampai 4 meter di perairan selatan Cianjur, Jawa Barat.

Tidak hanya di perairan selatan Cianjur, potensi gelombang tinggi juga terjadi di perairan Pangandaran, Tasikmalaya, dan Sukabumi.

Potensi terjadinya gelombang tinggi tersebut diperkirakan mulai hari ini hingga esok (Kamis, 5 Januari 2023) pukul 07.00 pagi.

Gelombang laut di perairan selatan terjadi dikarenakan pola angin dominan yang bergerak dari arah barat daya barat laut dengan kecepatan angin mencapai 8 hingga 35 knot.

Terkait hal itu, BMKG meminta masyarakat yang tinggal dan melaksanakan kegiatan di sekitar wilayah tersebut untuk waspada terhadap kondisi cuaca ekstrem ini.

Menurut Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung Teguh Rahayu, peringatan dini gelombang tinggi ini tidak hanya ditujukan bagi warga yang tinggal di pesisir tapi juga bagi nelayan dan nakhoda kapal (kapal kargo, kapal feri, maupun tongkang).

Selain sejumlah wilayah di pesisir selatan Jawa Barat tersebut, BMKG juga meminta warga mewaspadai potensi gelombang tinggi di wilayah Cilacap, Jawa Tengah. Gelombang tinggi diperkirakan akan terjadi 4 hingga 11 Januari 2023.

Dalam keterangannya (3/1/2023), Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Cilacap Wijonardi menegaskan gelombang tinggi tersebut bukanlah tsunami.




Cegah Pencurian Identitas, WhatsApp Batasi Tangkapan Layar Foto Profil

Sebelumnya

Gerak Cepat, Bappenas Undang Dewan Pers dan Perusahaan Pers Susun Rekomendasi Kebijakan BEJO’S

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News