Panorama alam memukau/ Native Indonesia
Panorama alam memukau/ Native Indonesia
KOMENTAR

NAMA Desa Posong yang terletak di Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah menjadi viral karena keindahan alamnya bak desa di atas awan.

Temanggung memang sebuah daerah dengan bentang alam yang menakjubkan.

Untuk tiba di Desa Posong, kita akan menempuh jalanan berbatu dan menanjak. Berada di kaki Gunung Sindoro, tak mengherankan bila suhu udara menjadi cukup dingin yaitu di antara 10-19 derajat celcius.

Berada di dataran tinggi, di atas 1000 mdpl tepatnya di antara Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, Desa Wisata Posong ini memiliki udara sejuk khas daerah pegunungan. Panorama alam semakin memukau di saat cuaca cerah dengan terlihatnya Gunung Merbabu dan Gunung Ungaran dari kejauhan. Tak tanggung-tanggung, pesona eksotis Desa Posong adalah panorama puncak delapan gunung di Jawa Tengah!

Tak hanya panorama yang menawan, pesona Desa Posong makin terasa bagi para pecinta fotografi untuk memotret milky way sambil menanti matahari terbit.

Dikutip dari sejumlah sumber, nama Posong berasal dari kata “kosong”.

Pada mulanya, di lokasi tersebut terdapat pos kosong yang pernah dimanfaatkan oleh Pangeran Diponegoro semasa perang. ‘Pos’ tersebut sengaja dibuat demi mengelabui penjajah Belanda. Bisa ditebak, mereka akhirnya menyerbu ke pos yang kosong.

Berpuluh-puluh tahun kemudian, pos kosong tersebut telah menjelma menjadi sebuah destinasi wisata alam fenomenal yang membuat banyak orang terpukau dengan keindahannya.

Di sini, para wisatawan bisa menikmati panorama yang memukau, terutama untuk menyaksikan matahari terbit dan matahari tenggelam.

Desa Wisata Posong juga memiliki fasilitas yang terbilang lengkap yaitu banyaknya penginapan. Tak perlu takut jika harus bermalam di sana. Atau jika kita ingin menikmati keindahan alam, kita bisa membawa tenda dan perlengkapan berkemah.

Untuk bisa sampai ke Posong, kita bisa memilih rute dari Yogyakarta atau dari Semarang (sampai pertigaan Secang ambil arah ke Temanggung).  Posong berlokasi sekitar 22 kilometer dari Temanggung, jarak itu bisa ditempuh dalam waktu 45 menit hingga 1 jam.




Libur Idul Fitri Menikmati Sejarah, Tradisi, dan Keindahan Tiga Destinasi di Arab Saudi

Sebelumnya

BPJS Kesehatan Tanggung Pengobatan Penyakit Kronis, Ini Daftarnya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Horizon