Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

SELF-esteem merupakan definisi dari cara pandang kita terhadap diri sendiri. Dalam memandang diri sendiri, beberapa orang akan melihat dirinya secara positif, namun ada pula yang cenderung memiliki penilaian negatif.

Jika kamu sering insecure dan berpikir bahwa orang lain lebih baik daripada dirimu, bisa jadi kamu memiliki self-esteem yang rendah. Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh beberapa fakto,r seperti pola asuh saat kecil, terlalu mendengarkan opini orang lain, dan bisa juga karena pikiran diri sendiri.

Untuk itu kamu perlu belajar cara meningkatkan self-esteem di dalam diri, karena akan dapat membantu kita untuk lebih bersyukur. Kesehatan self-esteem pun akan sangat memengaruhi prestasi, relasi dengan orang lain, dan rasa puas terhadap diri sendiri, serta tidak terus membanding-bandingkan diri dengan orang lain.

Untuk itu, di bawah ini ada langkah-langkah yang bisa kamu lakukan dalam meningkatkan self-esteem dengan batas wajar.

1. Kenali Diri Sendiri

Awali dengan mengenali diri sendiri. Kamu adalah satu-satunya orang yang harus bisa mengenal diri sendiri. Kenali lebih dalam dengan mencari tahu apa potensi dan juga kekuranganmu. Kerahkanlah semua tenaga dan pikiran untuk mempelajari hal baru. Dengan begitu, pastinya kamu akan dapat mengontrol diri, tahu apa yang bisa dilakukan, dan tahu bagaimana cara menutupi kekuranganmu.

2. Terima Keadaan Diri

Memiliki kekurangan adalah hal yang sangat wajar. Namun dibalik setiap kekurangan selalu ada kelebihan. Terima kondisi itu dengan lapang dada. Pelajari hal lain agar bisa terus menggali potensi diri. Berikan yang terbaik dengan semangat dan percaya diri. Tentunya kamu akan semakin maju dan sukses.

3. Berhenti Membandingkan Diri

Jika kamu merasa ada yang salah, evaluasilah tanpa harus membandingkannya dengan orang lain. Membandingkan diri dengan orang lain hanya akan membuat kamu tidak menurunkan self-esteem mu. Fokuslah, pikirkan bagaimana caranya agar kamu menjadi lebih baik. Sebenarnya, boleh-boleh saja menjadikan orang lain sebagai acuan dan motivasi, namun jangan sampai membandingkannya. Hal tersebut hanya akan membuat kamu merasa lemah.

4. Memiliki Sifat Positif

Memiliki sifat positif dalam diri sendiri adalah hal yang wajib. Seperti kata pepatah, “Apa yang kamu tanam, itulah yang kita tuai”. Artinya, dengan memiliki diri yang positif maka kita juga akan menghasilkan hal yang positif juga. Selalu motivasi diri dengan hal-hal baik. Ini akan meningkatkan semangat dalam beraktivitas. Tanamkan di benakmu bahwa selalu ada kebaikan jika kita berbuat baik di luar sana.

5. Memiliki Tujuan Hidup

Setiap orang pasti memiliki tujuan hidup yang berbeda. Dengan adanya hal itu, kamu akan semangat untuk mencapai tujuan hidup serta rencana-rencana yang sudah dirancang. Carilah motivasi dalam hidupmu, untuk bisa mengejar cita-cita.

6. Jalin relasi yang positif

Cari teman yang dapat memotivasi dan menghargai kamu. Hindarilah pertemanan toxic. Jangan sampai kamu terjerumus dalam hubungan pertemanan yang buruk.

Demikianlah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan self-esteem. Fokus pada diri sendiri dan kerahkan semua potensi yang dimiliki. Dengan begitu, kamu akan menilai diri sendiri dengan sangat berharga dan dijauhkan dari insecure.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family