Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

KETIKA cuaca dingin, mandi dengan air hangat biasanya menjadi pilihan yang tepat. Selain agar tubuh tidak kedinginan, air hangat dapat membantu tubuh merelaksasi otot.

Namun ternyata, ada beberapa bahaya dari mandi air hangat yang perlu kamu waspadai. Salah satunya, memicu terjadinya berbagai masalah kulit hingga membuat tekanan darah menjadi naik.

Dokter Farzan asal Amerika Serikat mengungkap bahaya-bahaya yang bisa timbul dari mandi dengan air hangat, yaitu:

1. Membuat kulit kering dan sensitif

Salah satu bahaya utama dari seringnya menggunakan air hangat untuk mandi, yaitu kulit menjadi lebih kering dan sensitif. Fazan mengatakan, mandi dengan air hangat yang terlalu lama dapat menghilangkan minyak alami di dalam tubuh.

Namun jika kamu terbiasa menggunakan air hangat, seimbangkan dengan penggunaan krim pelembab atau hand body yang berbahan dasar air, agar kulitmu tidak kering dan sensitif.

2. Memperburuk jerawat

Fazan mengatakan, air hangat dapat merusak kulit serta memperparah kondisi jerawat. Bagi kamu yang memiliki jerawat, sebaiknya menghindari hal tersebut karena air hangat dapat menghilangkan bakteri sehat pada kulit.

Bakteri sehat ini memiliki peran penting dalam menjaga kelembaban dan menghindari kulit dari hal-hal yang tidak baik, seperti kotoran dan bakteri tidak sehat. Tanpa bakteri ini, kulit akan jauh lebih mungkin untuk menimbulkan hingga memperparah jerawat.

3. Memperparah eksim dan memicu gatal

Meski menenangkan, mandi dengan air hangat kenyataannya dapat memperburuk banyaknya kondisi kesehatan, khususnya pada kulit. Suhu tinggi pada air hangat dapat membuat tubuh menjadi kering. Ketika tubuh kering, dapat memperburuk kondisi eksim di kulit.

Selain itu, suhu pada air hangat juga dapat menyebabkan sel mast melepaskan histamin di kulit, sehingga memicu terjadinya gatal pada tubuh.

4. Memicu masalah pada rambut

Menurut Farzan, orang yang sering mandi dengan air hangat berisiko mengalami masalah pertumbuhan rambut dan kerontokan. Sebab air panas dapat memperlambat aliran darah, padahal kulit kepala membutuhkan sirkulasi yang baik untuk mendorong pertumbuhan pada rambut.

Air hangat juga membuat rambut menjadi lebih rapuh dan rentan rontok. Paparannya membuat kulit kepala dan pori-pori terbuka, yang membuat akar rambut melemah.

5. Meningkatkan tekanan darah

Hal berbahaya terakhir yang perlu kamu waspadai adalah tekanan darah menjadi naik. Dokter Farzan mengimbau bagi siapapun yang memiliki tekanan darah atau penyakit kardiovaskular, sebaiknya tidak mandi air hangat, sebab hal tersebut dapat memperburuk tekanan darah.

Nah, itulah hal-hal berbahaya yang perlu kamu waspadai ketika memutuskan untuk mandi menggunakan air panas. Semoga bermanfaat!




Lebih Dekat dengan Ariel Noah Bersama Indomilk Steril "Click to get Riil!"

Sebelumnya

Terbangun Tengah Malam Karena Kaki Kram, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health