Ginger shot, minuman kaya manfaat bagi kesehatan tubuh/Net
Ginger shot, minuman kaya manfaat bagi kesehatan tubuh/Net
KOMENTAR

SATU lagi minuman kesehatan viral kaya manfaat yang bisa kita buat di rumah. Ginger shot, direkomendasikan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ginger shot adalah minuman yang terbuat dari jahe segar.

Untuk mengurangi rasa pedas dari jahe dan menambah rasa, tidak jarang minuman ini ditambah dengan bahan menyehatkan lain, seperti lemon, madu, kunyit.

Rasanya sangat khas, pedas menyegarkan. Namun khasiatnya benar-benar membuat orang tercengang, yaitu:

Mengatasi kelelahan dan menormalkan sistem pencernaan

Tidak salah jika jahe hangat dijadikan bekal saat naik kendaraan. Karena menuruk penelitian, suplemen yang mengandung jahe bisa meningkatkan pergerakan makanan di perut, melancarkan pencernaan, mengurangi kembung, dan mengurangi cramping atau sakit perut yang kerap terjadi saat menstruasi.

Ginger shot juga aman dikonsumsi wanita hamil. Selain itu, bagus untuk mengurangi kelelahan setelah melakukan kemoterapi dan operasi. Bahkan sebuah penelitian yang diunggah Tottori University Medical Press, jahet saat dites pada tikur, ternyata berguna untuk mengobati maag.

Agen anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat

Kandungan anti-inflamasi dan antioksidan yang dikandung jahe sangat ampuh untuk menghindari tubuh dari berbagai radikal bebas. Sebagai anti inflamasi, ginger shot akan mengurangi peradangan pada kasus-kasus seperti radang usus, asma, rheumatoid arthritis, serta jenis kanker tertentu. Terkait hal ini, sudah banyak penelitian yang membuktikannya.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kabar baik, menurut penelitian yang diunggah di US National Library of Medicine National Institutes of Health, jahe berfungsi sebagai antivirus dan antibakteri. Apalagi jika ditambahkan madu atau jeruk nipis, double combo ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, konsumsi jahe juga bagus untuk mengontrol gula darah, menyeimbangkan jumlah yang berlebihan dan tidak terkontrol. Akibatnya, bisa mengencerkan darah dan mengurangi kadar gula darah.

Cara membuat ginger shot

Tidak sulit untuk membuat minuman kesehatan ini di rumah. Yang perlu Bunda lakukan adalah:

Siapkan bahan-bahan, yaitu:

  • Jahe/ginger
  • Lemon
  • Kayu manis/cinnamon
  • JAR
  • Perasan/manual juicer
  • Blender

Cara membuatnya:

  • Parut kulit lemon, kemudian peras
  • Potong-potong jahe
  • Masukan potongan jahe, parutan kulit lemon, dan air perasan jeruk lemon ke dalam blender. Kemudian, blender sampai halus
  • Peras hasil blender untuk mengeluarkan airnya
  • Masukkan sedikit bubuk kayu manis ke dalam JAR
  • Aduk ginger shot sebelum dimasukkan ke dalam JAR. Kemudian, masukan ginger shot ke dalam JAR dan simpan di lemari es sebelum diminum.

Cukup mudah untuk membuat ginger shot, minuman kaya manfaat kesehatan ini di rumah, bukan? Selamat mencoba dan rasakan khasiatnya!




Kenali Arthritis alias Radang Sendi, Cegah dengan 4 Langkah Ini

Sebelumnya

5 Cara Cegah Sakit Saat Suhu Panas Melanda Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health