Sup Cia Po yang sangat ampuh untuk mengembalikan dan memulihkan energi ibu pasca melahirkan/Net
Sup Cia Po yang sangat ampuh untuk mengembalikan dan memulihkan energi ibu pasca melahirkan/Net
KOMENTAR

MEMPERHATIKAN makanan yang dikonsumsi, jadi satu hal penting yang harus dilakukan pasca melahirkan. Sebab setelah melahirkan, tubuh biasanya butuh lebih banyak nutrisi untuk proses pemulihan yang optimal.

Salah satu makanan yang dianggap sangat baik nutrisinya untuk ibu pasca melahirkan adalah sup cia po. Beberapa selebriti sudah mengonsumsi dan membuktikan khasiatnya, seperti Ayla Dimitri, Fitri Tropika, Jessica Iskandar, Putri Titian, dan Stella Cornelia.

Mengenal Cia Po

Orang Tionghoa mengenal budaya makan sup ayam Cia Po atau tim ayam obat untuk memulihkan kesehatan. Biasanya Cia Po dikonsumsi orang sakit, pasca sakit, atau usai melahirkan.

Cia Po adalah bahasa Hokkian, yang dalam bahasa Mandarinnya adalah Chi Fu. Chi artinya makan dan Fu diartikan kuat. Jadi, kurang lebih arti Cia Po adalah makanan yang kuat.

Salah satu jenis Cia Po yang paling umum dan mudah ditemui adalah tim ayam obat. Tim tersebut bisa untuk mengembalikan kebugaran saja atau dikonsumsi oleh ibu yang baru saja melahirkan. Jadi, Cia Po bukan untuk menyembuhkan penyakit tertentu.

Untuk mengatasi keluhan kesehatan khusus, Cia Po ditambahkan jenis hewan yang dikeringkan seperti kalajengking, kelabang, sejenis kecoa, sampai kuda laut.

Manfaat Cia Po untuk Ibu Melahirkan

Mengutip National Geographic, Cia Po adalah makanan tradisional asal Tiongkok yang sejak dulu dipercaya bisa menjaga kesehatan dan meningkatkan stamina tubuh pasca sakit atau melahirkan.

Ini merupakan sup yang terbuat dari ayam kampung dan juga beberapa jenis herbal lainnya. Seperti kurma khas Tiongkok, kici, biji teratai, buah huaishan, buah huanggi, yuzhu, dan dangshen.

Meski bahan-bahannya terdengar asing, nyatanya ramuan Cia Po ini punya beragam manfaat untuk kesehatan tubuh pasca melahirkan. Diantaranya, membantu tubuh tetao terhidrasi, menjadi sumber nutrisi penting bagi tubuh.

Meningkatkan stamina, mempercepat proses pemulihan, serta memiliki efek antiinflamasi ringan yang bisa mengendurkan otot-otot yang tegang pasca melahirkan.

Cia Po merupakan makanan khas masyarakat Tionghoa yang memiliki banyak manfaat kesehatan, terutama pemulihan pasca sakit. Bagi ibu melahirkan, Cia Po mampu memberikan energi dan mengendurkan otot-otot yang tegang pasca melahirkan.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health