Indonesia kembali menemukan 1 kasus polio di Pidie, Aceh, setelah pada 2014 dinyatakan bebas polio/Net
Indonesia kembali menemukan 1 kasus polio di Pidie, Aceh, setelah pada 2014 dinyatakan bebas polio/Net
KOMENTAR

PENYAKIT yang telah lama hilang, kini muncul kembali. Kasus polio untuk pertama kalinya kembali terdeteksi di Indonesia.  Atas kejadian itu, Pemerintah RI menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) polio, setelah satu kasus ditemukan di Pidie, Aceh.

“Kami telah menemukan kasus anak lumpuh layu. Kami menyatakan status Kejadian Luar Biasa (KLB) polio di Pidie,” kata Wahyudi Adisiswanto, Penjabat Bupati Pidie, dalam konferensi persnya, Jumat (18/11).

Kasus ini terjadi pada anak 7 tahun. Anak tersebut dikabarkan belum pernah menerima imunisasi jenis apapun. Awalnya, pada 6 Oktober lalu anak tersebut ia mengalami gejala demam. Keluhan tersebut kemudian dibarengi dengan nyeri persendian hingga kelemahan anggota gerak.

Pasien lalu dirujuk ke RS Teuku Chik Di Tiro Sigli dan sampel tinjanya dikirim ke laboratorium Prof Sri Oemijati di Jakarta. Setelah melalui pemeriksaan fisik dan laboratorium, anak itu diketahui positif terinfeksi virus polio.

Ketetapan KLB diberlakukan lantaran polio merupakan virus berbahaya yang dapat memicu kelumpuhan permanen hingga menyebabkan kematian, khususnya pada anak-anak di bawah lima tahun yang belum pernah divaksinasi polio.

Untuk di Aceh, sendiri Bupati Pidie mengaku ada dua faktor di balik kasus polio yang kembali ditemukan ini. Pertama, ia menyebut rendahnya cakupan vaksinasi polio di daerah tersebut, sehingga anak-anak tidak memiliki ketahanan tubuh yang baik dalam melawan virus ini.

“Kedua, kondisi lingkungan yang kotor karena buang air besar sembarangan di kebun atau dekat sumber air yang digunakan masyarakat,” jelasnya, Sabtu (19/11), mengutip Detik.

Oleh karena itu, Wahyudi meminta agar setiap Dinas Kesehatan setempat memberikan tambahan vaksin polio hingga sosialisasi yang jelas kepada seluruh lapisan masyarakat tentang bahaya dan risiko dari penularan virus polio.

Negara ke-16 KLB polio

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, Indonesia menjadi negara ke-16 yang melaporkan kasus virus polio tipe 2.

Dalam konferensi pers daring di Jakarta, Sabtu (19/11), negara yang melaporkan itu adalah Yaman, Kongo, Nigeria, Central African Republic, Ghana, Somalia, Nigeria, Chad, Amerika Serikat, Algeria, Mozambik, Eritrea, Togo, dan Ukraina.

Indonesia sendiri pernah mendapatkan sertifikat bebas polio pada 2014. Namun, infeksi virus polio tipe 1 pernah ditemukan di Provinsi Papua.




Viral Siti Aisyah, Gambarkan Ironi Dunia Pendidikan

Sebelumnya

Menteri Perhubungan Layangkan Teguran Keras untuk Garuda Indonesia Terkait Terganggunya Jadwal Keberangkatan Jemaah Haji

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News