Ibu Negara Indonesia & Korea Selatan/ Tangkapan Layar YouTube channel Sekretariat Presiden
Ibu Negara Indonesia & Korea Selatan/ Tangkapan Layar YouTube channel Sekretariat Presiden
KOMENTAR

IBU Negara Republik Indonesia Iriana Joko Widodo menjamu Ibu Negara Korea Selatan Kim Keon-hee di Hotel The Apurva Kempinski, Bali (14/11/2022).

Ibu Iriana menyambut langsung kedatangan Madam Kim Keon-hee di lobi hotel pada pukul 16.30 WITA. Keduanya langsung menuju pendopo hotel untuk berfoto bersama.

Selepas sesi foto bersama, kedua ibu negara menyaksikan sejumlah penampilan budaya khas Nusantara. Dalam kesempatan itu, Ibu Iriana memperkenalkan Gamelan Bali dan Tarian Penyambutan Panyembarama yang tampil memukau.

Promosi budaya Indonesia berlanjut dengan Ibu Iriana mengajak Madam Kim Keon-hee menikmati kekayaan wastra tradisional Indonesia berupa kain tenun Endek khas Bali serta kerajinan perak yang juga menjadi budaya khas masyarakat Bali yang sudah mendunia. Kerajinan perak tersebut ditampilkan secara istimewa pada sebuah gebyok.

Ibu Negara Korea Selatan juga terlihat antusias dengan berbagai lukisan yang dipamerkan. Berbagai karya seni tersebut merupakan karya para seniman Indonesia yang mampu mengundang decak kagum masyarakat internasional.

Setelah melihat kain tenun Endek dan kriya perak khas Bali, Ibu Iriana menjamu Madam Kim Keon-hee untuk minum teh bersama di Ruang Kashi.

Selama perbincangan hangat tersebut, kedua ibu negara dihibur dengan alunan musik biola dan sasando.

Dalam momen istimewa tersebut, pemusik biola dan sasando menghadirkan sejumlah lagu-lagu Tanah Air, seperti Bengawan Solo dan Angin Mamiri.

Menariknya, seperti ditulis dalam keterangan akun YouTube Sekretariat Presiden, ada pula lagu Sempurna dan Cinta Kan Membawamu yang merupakan hits dari dua grup band papan atas Indonesia yaitu Andra and the Backbone juga Dewa 19.

Dengan berakhirnya jamun teh, Ibu Negara Iriana Jokowi melepas Madam Kim Keon-hee kembali ke hotel tempatnya menginap selama rangkaian pertemuan G20 di Bali.

Pertemuan kedua First Lady ini diharapkan menjadi awal kerja sama yang baik antara Indonesia dan Korea Selatan dalam bidang budaya, kesenian, maupun industri kreatif berbasis kearifan lokal lainnya.

Jamuan teh dua Ibu Negara Asia ini berlangsung di tengah rangkaian KTT G20 Indonesia yang menghadirkan para pemimpin dunia termasuk Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping.




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News