KOMENTAR

PERKEMBANGAN tekstil di dunia memiliki kemajuan yang sangat pesat. Aneka bahan tersedia untuk dijadikan berbagai produk sandang atau keperluan rumah tangga lainnya. Salah satu bahan tersebut adalah Crinkle

Crinkle merupakan bahan kain yang memiliki tekstur berkerut atau hampir menyerupai kulit jeruk. Meskipun memiliki tekstur yang tidak rata atau berkerut namun ketika dipegang bahan ini tetap terasa lembut, nyaman dan adem ketika digunakan.

Berikut ini adalah beberapa jenis bahan Crinkle yang beredar di pasaran.

1# Parasut Kusut

Merupakan bahan kain parasut yang memiliki tekstur bergelombang atau kusut, yang bersifat dingin dan licin. Bahan ini memiliki sifat ringan, adem dan antiair. Biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan mukena atau hammock, yaitu tempat tidur gantung seperti ayunan.

2# Taslan Kusut

Bahan ini merupakan kain yang memiliki tampilan tekstur yang kusut, yang memiliki coating antiair yang berwarna bening atau transparan, sehingga bagian luar dan dalamnya berwarna sama.

Kain Taslan kusut ini sering digunakan sebagai bahan utama jaket atau tas.

3# Crinkle Shawl

Bahan crinkle shawl memiliki bobot yang sangat ringan dan tekstur yang bergelombang. Biasanya dijadikan bahan untuk membuat jilbab pasmina.

4# Crinkle Crepe

Berikutnya adalah bahan crinkle crepe yang cenderung memiliki kesan kasar yang bersifat seperti gelombang bersifat lembut dan lentur. Kain ini sangat cocok digunakan di daerah tropis, karena cukup nyaman digunakan seharian.

5# Crinkle Silk

Terbuat 100% dari benang sutra (pure silk). Bahan ini cenderung tipis dan tembus pandang, sehingga perlu dilapisi furing apabila hendak digunakan. Dengan karakteristik yang terkesan mewah, bahan ini cocok digunakan untuk membuat maxi dress atau busana wanita lainnya.

6# Crinkle Cotton

Bahan ini terbuat dari kain katun dan memiliki tampilan yang sama dengan crinkle lainnya. Namun karena katun merupakan bahan yang adem, bahan ini terasa sejuk dan nyaman digunakan.

7# Crinkle Miyake

Bahan ini sangat populer di Jepang. Biasanya dijadikan bahan pakaian wanita karena sangat nyaman digunakan.

8# Crinckle Dottie

Crinkle ini memiliki tonjolan-tonjolan kecil dalam jumlah banyak yang membentuk titik-titik pada bahan.

9# Crinkle Airflow

Crinkle airflow merupakan jenis bahan yang halus dan lembut, namun ringan dan tidak menerawang jadi sangat nyaman digunakan. Bahan ini juga menyerap keringat, tidak gatal dan dapat bersifat stretch.




Tips Memilih Mukena Traveling Size, Solusi Praktik untuk Beribadah Ketika Bepergian

Sebelumnya

3 Model Sepatu Ini Wajib Dimiliki Perempuan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga