KOMENTAR

MANUSIA Seringkali hanya menyangkutpautkan soal rezeki dengan besarnya uang yang diterima. Padahal, rezeki, tak melulu dalam bentuk uang yang langsung kita terima.

Definisi rezeki teramat luas. Kesehatan, jodoh yang baik, anak yang saleh, hubungan baik dengan banyak orang, kemudahan dalam belajar dan bekerja, juga menjadi bentuk rezeki yang Allah anugerahkan untuk umat-Nya.

Dengan beragamnya bentuk rezeki, jalan untuk mendapatkan rezeki juga terbuka luas. Sejatinya, jalan-jalan tersebut telah dilewati oleh kita. Namun karena kita kerap tidak menghayati setiap proses kehidupan sebagai ibadah, jalan pembuka rezeki itu tidak membawa maslahat.

Inilah 8 jalan rezeki dalam Al-Qur'an yang Allah jamin bagi hamba-Nya yang mau berusaha.

  1. Rezeki yang telah dijamin oleh Allah (QS. Hud: 6)
  2. Rezeki karena usaha (QS. An-Najm: 39)
  3. Rezeki karena bersyukur (QS. Ibrahim: 7)
  4. Rezeki tak terduga (QS. At-Thalaq: 2)
  5. Rezeki karena istighfar (QS. Nuh: 10-11)
  6. Rezeki karena menikah (QS. An-Nur: 32)
  7. Rezeki karena anak (QS. Al-Isra: 31)
  8. Rezeki karena sedekah (QS. Al-Baqarah: 245)

Yang pertama, yang bisa menjadi sumber kekuatan kita dalam menjalani beratnya kehidupan ini adalah ayat ke-16 surah Hud. Dalam ayat ini, Allah Swt. menjamin rezeki bagi setiap makhluk di muka bumi.

"Tidak ada satu makhluk melata pun yang bergerak di atas bumi ini yang tidak dijamin Allah rezekinya."

Pun dari ke-8 jalan rezeki yang Allah katakan dalam Al-Qur'an, yang perlu kita lakukan hanyalah berikhtiar sebaik mungkin, menikmati setiap momen kehidupan ini tanpa terperangkap dalam jebakan gemerlap dunia, dan menggenapkan usaha kita dengan tawakkal.




Ana Khairun Minhu

Sebelumnya

Hubbu Syahwat

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Tadabbur