KOMENTAR

PERHIASAN merupakan salah satu hal yang disukai oleh para perempuan. Biasanya mereka memakai atau mengkoleksinya untuk mempercantik diri atau sebagai investasi.

Biasanya setelah bertahun-tahun digunakan, perhiasan dapat menjadi kusam atau kurang bersinar karena kotoran, debu atau sel kulit mati menumpuk di sana.

Biasanya untuk membersihkannya kita datang ke toko emas atau perhiasan. Namun sebenarnya hal ini dapat dilakukan di rumah, dengan menggunakan bahan-bahan berikut ini:

1# Pasta gigi dan sikat halus

Tips pertama yang adalah dengan menyikat perhiasan menggunakan pasta gigi dan sikat yang berbulu lembut dan halus. Hal tersebut memudahkan untuk membersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau. Setelah itu bilas perhiasan dengan air bersih sampai tidak ada busa dari pasta gigi yang tersisa. Lalu keringkan perhiasan di wadah tertutup yang sudah diberi silica gel agar tidak lembab.

2# Baking soda

Tips berikutnya adalah dengan menggunakan baking soda. Campuran baking soda dengan air akan menghasilkan reaksi kimia atau reaksi effervescent yang menghasilkan gelembung dan desis yang dapat melunturkan kotoran pada perhiasan.

Dengan teknik ini kita tidak perlu menyikat atau menggosok perhiasan. Cukup dengan  merendam perhiasan ke dalam larutan baking soda dan diamkan sebentar, lalu bilas dengan air bersih. Sebelum kembali disimpan, keringkan perhiasan sampai benar-benar tidak ada air yang tersisa.

Teknik ini dapat digunakan pada perhiasan emas, perak atau berlian, namun kurang cocok digunakan pada mutiara atau batu permata yang lunak.

3# Air dan sabun

Cara berikutnya untuk membersihkan perhiasan adalah dengan menggunakan air dan sabun, misalnya sabun cuci piring.

Campurkan beberapa tetes sabun cuci piring dengan air beberapa gelas, aduk rata dan celupkan perhiasan ke dalam larutan sabun tersebut selama beberapa saat. Kemudian bilas dan gunakan lap bersih untuk mengeringkannya.

4# Air panas

Cara berikutnya membersihkan perhiasan agar berkilau adalah dengan menggunakan air panas. Letakkan perhiasan ke dalam wadah yang tahan pans, siram dengan air mendidih lalu diamkan sampai air agak dingin. Setelah itu keringkan dengan lap bersih, baru disimpan kembali dengan rapi.




6 Manfaat Olahraga Bareng Pasangan

Sebelumnya

Bukan Komunikasi, Ini Kunci Langgengnya Rumah Tangga

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family