Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

TOILET umum menjadi pilihan satu-satunya untuk buang air besar maupun kecil, saat kita berada di area publik. Banyak oran yang rela antre panjang untuk menggunakan toilet umum tersebut.

Namun siapa sangka, ternyata toilet umum menjadi tempat paling cepat bagi penularan kanker serviks. Kanker ini tumbuh pada sel-sel di leher rahim dan baru menunjukkan gejala ketika sudah memasuki stadium lanjut.

Kanker serviks disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Menurut dokter spesialis kandungan dan ginekologi, dr Cindy Rani Wirasri, SpOG, HPV bisa menular melalui kontak non seksual, seperti yang terjadi di toilet umum.

Misalnya, saat tangan menyentuh shower untuk membasuh area genital, kemudian secara bersamaan tangan kita sedang membersihkan area genital. Di situlah terjadi potensi penularan HPV yang kemudian hinggap di dalam area genital.

“Kita tidak pernah tahu toilet umum itu habis dipakai oleh saiapa saja. Bisa saja yang habis duduk di kloset itu adalah orang yang sudah terpapar HPV. Karena itu, penting untuk menjaga kebersihan area genital di mana saja,” kata dr Cindy.

Tips Aman Menggunakan Toilet Umum

Guna mengurangi risiko penularan HPV dari toilet umum, kita wajib bijak menggunakan toilet tersebut dengan cara-cara berikut ini:

  • Hindari menyentuh langsung benda atau bagian dari toilet umum, seperti gagang pintu, dudukan toilet, tuas kloset, keran wastafel, dan tempat sabun. Gunakan siku atau bagu untuk mendorong atau membuka pintu toilet dan gunakan tisu atau sapu tangan untuk menghindari kontak langsung dengan benda-benda tersebut.
  • Letakkan barang bawaan di gantungan pintu, jangan di lantai toilet walaupun terlihat bersih.
  • Bersihkan dudukan toilet sebelum digunakan, dengan memakai cairan antiseptik atau tisu basah.
  • Hindari membilas kloset dalam posisi duduk, karena kotoran kloset bisa masuk ke organ intin, Akan lebih baik jika kamu membersihkan organ intim terlebih dahulu, kemudian berdiri dan bersihkan kloset.
  • Bawa peralatan toilet sendiri, seperti sabun cair, tisu, dan hand sanitizer.
  • Cuci tangan dengan benar.

Jadi, penggunaan toilet umum harus dilakukan dengan hati-hati. Awali dulu dengan menyiram kloset dan membersihkannya. Kemudian, lakukan hal yang sama usai menggunakan kloset.

Hindari penyebaran virus HPV, penyebab kanker serviks, dengan lebih berhati-hati dan bersih saat menggunakan toilet umum.




Kenali Arthritis alias Radang Sendi, Cegah dengan 4 Langkah Ini

Sebelumnya

5 Cara Cegah Sakit Saat Suhu Panas Melanda Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health