KOMENTAR

CLOVER honey belakangan ini menjadi naik daun terutama pada saat pandemi.

Clover Honey adalah madu yang berasal dari tanaman clover (semanggi). Madu ini berwarna lebih bening atau cenderung kuning muda dibandingkan dengan madu lainnya, memiliki wangi seperti bunga, dan rasanya lebih ringan dari madu lainnya.

Clover honey merupakan madu yang kaya manfaat, nutrisi, dan kegunaan. Selain mengandung gula, clover honey juga mengandung asam amino, asam fenolat,vitamin dan mineral yang merupakan antioksidan.

Apa saja manfaat clover honey?

Sebagai Antivirus dan Antibakteri

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam clover honey berfungsi sebagai antivirus dan antibakteri.

Kaya antioksidan

Madu mengandung flavanol anti-inflamasi dan antioksidan asam fenolik yang tinggi, yang bersifat melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel.

Menjaga kesehatan jantung

Madu clover berkhasiat menjaga kesehatan jantung dan menjaga kadar kolesterol agar tetap stabil.

Respons gula darah rendah

Madu ini memunculkan respons gula darah yang lebih rendah dibandingkan dengan gula biasa. Dengan respons gula darah yang rendah, madu ini relatif lebih aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Mengobati luka bakar

Komponen antiradang dan antiinflamasi yang terkandung dalam madu clover dapat digunakan untuk mengobati luka terutama luka bakar. Sifat antibakteri yang terkandung di dalam madu dapat efektif mengobati luka bakar dan goresan.

Melancarkan pencernaan

Kandungan madu dalam clover honey dapat berperan sebagai prebiotik di dalam saluran cerna. Zat tersebut dapat membantu pertumbuhan bakteri baik dan melancarkan sistem pencernaan.

Memelihara kesehatan gigi dan mulut

Kandungan antibakteri dan antiradang serta antikuman pada madu clover membantu menghambat pertumbuhan di dalam gigi dan gusi, mencegah peradangan pada gusi, dan menghambat pembentukan plak pada gigi.

Meredakan gejala flu dan batuk

Madu ini dapat memperkuat daya tahan tubuh sehingga dapat meredakan gejala flu dan batuk.

Walaupun madu clover memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, pasien diabetes jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health