KOMENTAR

PERKEMBANGAN teknologi internet yang tinggi memudahkan hampir seluruh aktivitas manusia. Dari mulai berkomunikasi, mencari informasi, menikmati hiburan hingga berbelanja, semua dapat dilakukan hanya dengan memanfaatkan gawai.

Namun di balik segala kemudahan tersebut, aktivitas menggunakan internet tersebut memiliki dampak buruk bagi kesehatan fisik maupun mental. Mulai dari gangguan kesehatan mata hingga sulit konsentrasi bahkan depresi.

Untuk itu sangat penting bagi kita untuk melakukan digital minimalism, sebuah filosofi penggunaan gawai tentang bagaimana memanfaatkan sedikit aktivitas digital untuk memperoleh manfaat yang optimal.

Digital minimalism bisa dikatakan sebagai sebuah cara cerdas untuk menjadikan kehidupan kita lebih bermakna, yaitu dengan memberi kita kesempatan melakukan aktivitas online sesuai kebutuhan, tanpa berlebihan.

Berikut ini beberapa cara untuk menjalankan digital minimalism.

Hanya menginstal aplikasi yang dibutuhkan

Periksa seluruh aplikasi yang ada dalam gawai kita. Pastikan kita hanya menginstal aplikasi yang dibutuhkan dan bermanfaat bagi keseharian. Hapus aplikasi yang jarang atau bahkan tidak pernah digunakan karena hanya akan memenuhi memory dan memberatkan kinerja gawai.

Batasi waktu bermedia sosial

Media sosial (medsos) memang memberi banyak manfaat bagi kehidupan kita. Selain dapat menjadi media silaturahmi, media sosial juga dapat memberi banyak informasi terkait hal-hal penting.

Namun dengan konten yang beragam, media sosial dapat membuat kita terlena sampai lupa waktu. Hal tersebut tentu dapat berefek buruk bagi kesehatan fisik dan mental. Untuk itulah kita perlu membatasi waktu bermedia sosial agar kesehatan terjaga dan hidup lebih seimbang.

Pilih konten bermanfaat

Pastikan kita hanya mengikuti konten-konten yang inspiratif dan bermanfaat, agar dapat terbentuk pola pikir dan sikap positif dalam kehidupan kita.

Detoksifikasi dengan cara puasa medsos

Seperti halnya fisik yang memerlukan detoksifikasi, mental kita pun demikian. Lakukan puasa media sosial secara berkala. Hal tersebut bermanfaat untuk memperoleh ketenangan dan kejernihan pikiran agar dapat menjalani hidup lebih fokus, damai, dan bahagia.

Cari kegiatan offline

Carilah kegiatan offline yang positif dan menyenangkan seperti memasak, berkebun hingga menjahit. Tujuannya agar kita dapat melepaskan diri dari berbagai hiburan yang ada pada gawai. Dengan begitu, kita dapat lebih mudah menikmati dan menjalani hidup yang lebih bermakna.




Bali Tawarkan Pariwisata Baru Kolaborasi Seni, Budaya, dan Inovasi

Sebelumnya

Festival Balon Udara 2024 di Wonosobo, Suguhkan Langit Cappadocia Khas Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Horizon