Patrick disebut sebagai penyandang tunagrahita/Net
Patrick disebut sebagai penyandang tunagrahita/Net
KOMENTAR

BEBERAPA tokoh kartun yang selama ini menjadi idola anak-anak, ternyata ada yang menyandang disabilitas, loh Bunda.

Disabilitas merupakan ketidakmampuan seseorang untuk melakukan suatu aktivitas tertentu. Kemampuan yang dimiliki oleh penyandang disabilitas berbeda dalam beberapa hal jika dibandingkan dengan orang pada umumnya.

Nah, lewat tokoh-tokoh ini Bunda bisa memperkenalkan ap aitu disabilitas dan bagaimana cara bersahabat dengan baik.

Patrick Star

Tokoh kartun yang satu ini ternyata penyandang tunagrahita, loh Bunda. Sahabat karib Spongebob ini memiliki keterbatasan mental, tingkah laku, dan kecerdasan. Tidak heran jika Patrick acap kali mengalami banyak kesulitan dalam kehidupannya sehari-hari.

Nobita

Tokoh utama dalah film kartun Doraemon, Nobita, digambarkan sebagai anak yang sangat sulit dan malas belajar. Kondisi tersebut membuat Nobita masuk ke dalam disabilitas intelektual kesulitan belajar, seperti disleksia, disgrafia, dan diskalkulia.

Disleksia merupakan gangguan yang menyebabkan seseorang kesulitan membaca, menulis, dan mengeja. Disgrafia adalah gangguan belajar yang membuat seseorang kesulitan menuliskan atau mengekspresikan pikiran dan perasaannya dalam tulisan.

Sedangkan diskalkulia adalah gangguan yang menyebabkan seseorang kesulitan untuk menghitung dan melakukan operasi matematika.

Ijat

Ijat adalah teman dari Upin dan Ipin. Ia masuk ke dalam penyandang disabililtas intelektual speech delayed. Artinya, kondisi di mana seorang individu mengalami keterlambatan bicara atau gangguan komunikasi, sehingga tidak mampu memahami apa yang dikatakan orang lain dan kesulitan berbicara.

Nemo

Pemeran utama Finding Nemo ini ternyata penyandang tunadaksa, loh. Coba Bunda perhatikan, Nemo memiliki salah satu sirip yang lebih kecil dari sirip lainnya. Kondisi tersebut membuat Nemo memiliki koordinasi gerak yang terganggu.

Angelica Rugrats

Sebagian besar orang mungkin memaklumi jika anak-anak sering berhalusinasi atau berimajinas. Tapi tidak dengan Angelica Rugrats, karakter balita dalam film Rugrats.

Angelica mengidap disabilitas mental, yaitu skizofrenia. Merupakan gangguan yang memengaruhi kemampuan berpikir seseorang untuk berpikir, merasakan, dan berperilaku baik.

Penyebabnya belum diketahui, tetapi dapat ditandai dengan pemikiran atau pengalaman yang tampak tidak berhubungan dengan kenyataan.

Masih banyak tokoh kartun idola anak-anak yang mengidap disabilitas. Seperti Dory (penyang ADD dan ADHD), Nussa (tunadaksa penyandang kaki palsu), Teo (pengguna kursi roda), dan lainnyaaa.




Seringkali Diabaikan dan Tidak Dianggap, Waspadai Dampak Depresi pada Anak Laki-Laki

Sebelumnya

Anak Remaja Mulai Menjauhi Orang Tua, Kenali dan Pahami Dulu Alasannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Parenting