KOMENTAR

MEMILIKI bibir yang sehat dan segar merupakan keinginan setiap orang, terutama wanita. Hal tersebut bisa didapatkan dengan cara melakukan perawatan bibir seperti melakukan eksfoliasi, menggunakan pelembap, dan banyak minum air putih.

Untuk memiliki bibir merona dan tampak sehat, kita dapat menggunakan kosmetik bibir. Pengertian kosmetik ialah suatu atau sediaan yang dimaksudkan untuk digunakan pada bagian luar tubuh manusia seperti epidermis, rambut, kuku, bibir dan lainnya guna untuk membersihkan, mewangikan, mengubah penampilan atau memperbaiki bau badan atau melindungi atau memelihara tubuh pada kondisi baik.

Namun sebelum membeli atau menggunakan kosmetik bibir, kita harus mengenali kegunaan jenis kosmetik bibir terlebih dahulu agar tidak salah dalam memilih dan menggunakannya.

Pada saat ini sudah terdapat banyak sekali kosmetik bibir. Dari kosmetik yang berwarna bening hingga pekat, dari yang hanya berfungsi untuk melembapkan, hingga menebalkan penampilan bibir.

Yuk, kenali beragam jenis kosmetik bibir berikut ini.

#1 Lip Balm. Lip balm merupakan kosmetik bibir yang cukup penting. Lip balm berguna untuk mengatasi bibir kering dan hitam. Lip balm juga bisa digunakan sebagai base sebelum menggunakan kosmetik bibir lainnya. Produk lip balm yang sangat diminati saat ini yaitu NIVEA dan Vaseline.  

#2 Lip Mask. Memiliki fungsi yang tidak jauh beda dari lip balm, lips mask merupakan kosmetik bibir yang berfungsi untuk mengatasi berbagai permasalahan bibir kering dan dapat mencerahkan atau memerahkan warna bibir. Terdapat variasi bentuk lip mask, mulai dari lip patch hingga lip sleeping mask. Di antara produk lip mask yang paling diminati saat ini yaitu lip mask LANEIGE, Bioaqua, Focallure dan Emina.

#3 Lip Serum. Lip serum juga merupakan kosmetik bibir yang juga berfungsi untuk melembabkan serta mencerahkan warna bibir. Namun lip serum berfungsi untuk memberikan nutrisi pada bibir karena lip serum mengandung essence. Lip serum yang banyak direkomendasikan yaitu lip serum dari brand Noera, Jieara, Azarine dan Emina

#4 Lip Scrub. Sedikit berbeda dengan kosmetik di atas, lip scrub berfungsi untuk membantu mengangkat sel kulit mati dan mengeksfoliasi kulit bibir. Biasanya lip scrub mengandung butiran gula yang halus, madu, dan petroleum jelly yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati.

Saat menggunakan lip scrub, proses penggosokan harus dilakukan secara lembut agar terhindar dari iritasi, karena bibir merupakan salah satu organ yang dilapisi kulit tertipis. Lip scrub yang populer saat ini adalah sugar rush dari Emina. 

#5 Lip Gel. Lip gel merupakan kosmetik bibir yang dapat memberi warna alami pada bibir secara alami, mencegah penggelapan warna bibir akibat pemakaian lipstik yang terlalu sering, mengurangi warna kehitaman pada bibir serta melembapkan bibir yang kering dan pecah pecah. Salah satu lip gel yang diminati yaitu dari BLP BEAUTY dan LANEIGE.

#6 Lip Gloss. Lip gloss merupakan kosmetik bibir yang dapat membuat bibir tampak lebih berkilau. Lip gloss juga digunakan untuk menutupi permukaan bibir yang kering dan pecah-pecah juga dapat memberi efek bibir terlihat lebih berisi dan halus. Saat ini lip gloss tidak hanya bening, namun juga berwarna. Produk lip gloss yang paling direkomendasikan yaitu dari brand Sarange dan Fenty Beauty. 

#7 Lip Plumper. Lip plumper merupakan kosmetik bibir yang dapat membuat bibir lebih tebal dan tampak lebih bervolume untuk sementara waktu. Lip plumper merupakan cara alternatif dari lip filler yang memiliki lebih banyak resiko. Produk lip plumper yang banyak digunakan saat ini yaitu dari Revlon, dan Focallure.

#8 Lip Primer. Lip primer merupakan kosmetik kecantikan bibir yang digunakan sebagai base sebelum menggunakan lipstik atau kosmetik lipstik lainnya. Lip primer sering juga disebut sebagai foundation bibir. Lip primer dapat membuat warna dari produk lipstik di bibirmu lebih keluar dan juga tahan lama. Lip primer yang banyak diminati yaitu Urban Decay, Anastasia Beverly Hills, dan Lancome.

#9 Lipstick. Lipstick merupakan kosmetik bibir yang paling populer. Semua wanita pasti memiliki lipstick. Lipstick adalah kosmetika yang terbuat dari lilin, pigmen, minyak, dan lainnya. Lipstick berfungsi untuk memberikan warna pada bibir. Sesuai dengan namanya, lipstick merupakan kosmetik bibir yang berbentuk stick (batang). Di antara brand lipstik yang sangat populer saat ini adalah L’Oreal, Maybelline, Make Over dan Wardah.

#10 Lip Cream. Lip cream merupakan kosmetik kecantikan bibir yang tidak kalah populer dengan lipstick. Lip cream biasanya berbentuk tube. Hal ini dikarenakan lip cream memiliki tekstur yang yang cair namun sedikit kental atau creamy. Saat ini lip cream cukup bervariasi, ada yang dapat menghasilkan warna natural hingga matte. Lip cream yang populer saat ini yaitu lip cream dari Maybelline.

#11 Lip Pallete. Lip pallete adalah kosmetik kecantikan bibir yang berbentuk padat namun tetap creamy yang terletak di suatu wadah yang bersekat. Lip palette biasanya terdapat lebih dari tiga varian warna. Lip palette yang cukup populer saat ini yaitu lip palette dari Make Over dan Wardah.

#12 Lip Liner. Lip liner merupakan salah satu kosmetik kecantikan bibir yang berguna untuk mempertegas bentuk bibir. Penggunaan lip liner selalu bersamaan dengan penggunaan kosmetik kecantikan bibir lainnya seperti lipstick dan lip cream.

Pengaplikasian ini akan membuat bibir tampak lebih penuh dan cantik. Saat ini lip liner dapat berbentuk pensil, crayon, atau mekanik. Sudah banyak brand kecantikan yang mengeluarkan produk lip liner, mulai dari Revlon, Maybelline hingga Wardah. 

#13 Lip Tint. Lip tint merupakan salah satu produk kosmetik kecantikan yang sangat digemari oleh kalangan remaja hingga dewasa awal. Lip tint memiliki tekstur yang cair dan ringan saat dikenakan pada bibir. Warna yang ada pada produk lip tint relatif sama.

Lip tint biasanya juga digunakan sebagai item ombre setelah penggunaan kosmetik kecantikan bibir lainnya. Liptint yang paling sering digunakan oleh para remaja yaitu dari brand Bare And Bliss, Emina, dan Implora. 

#14 Lip Stain. Sesuai dengan namanya, lip stain merupakan salah satu produk bibir yang memberi warna pada bibir dengan ketahanan yang lama. Jadi saat sudah memakai lip stain, kita tidak harus mengaplikasikan kembali produk tersebut dalam beberapa saat di hari yang sama.

Tekstur lip stain lebih mudah menyerap sehingga dapat membuat lebih tahan lama dari produk lain. Lip stain memiliki tingkat coverage lebih baik daripada liptint namun tidak sebaik lipstick ataupun lip cream. Produk lip stain yang banyak digunakan saat ini yaitu dari brand Buxom, Make Over dan Luxcrime.

#15 Lip Tattoo. Lip tattoo merupakan kosmetik kecantikan yang paling berbeda dengan yang lainnya. Lip tattoo memiliki tekstur gel yang cukup sticky.




5 Padu Padan Jumpsuit Denim dan Katun yang Bikin Penampilanmu Super Stylish

Sebelumnya

Kenali Manfaat Retinol bagi Kecantikan Kulit

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga