Mukena menjadi bagian dari modest fashion/ FARAH
Mukena menjadi bagian dari modest fashion/ FARAH
KOMENTAR

SEBANYAK 33 desainer dan fashion brand kenamaan Indonesia berpartisipasi dalam "Mukena Parade" dalam IN2MOTIONFEST 2022 yang diselenggarakan di Assembly Hall Jakarta Convention Center (6/10/2022).

Di antara desainer/ brand yang menampilkan satu set mukena rancangan mereka adalah Anggia Handmade, Ask by Asky Febrianti, Hannie Hananto, KAMI, Khanaan, Kursien Karzai, L by Laudya Cynthia Bella, Nuniek Mawardi, Nina Nugroho, Restu Anggraini, dan Rya Baraba.

Dalam parade mukena ini, para desainer menyuguhkan aneka bahan premium, aneka warna, juga aneka motif. Model mukena yang ditawarkan adalah one piece (mukena langsung seperti abaya) dan two pieces (mukena dan bawahan).

Jika dulu mukena identik dengan warna putih, kini warna-warna seperti hijau mint, marun, cokelat, hingga hitam menjadi pilihan yang tak kalah menarik.

Beberapa desainer juga menambahkan payet, mutiara, serta swarovsky pada mukena rancangan mereka yang membuat mukena terlihat mewah.

Motif yang ditampilkan juga bermacam-macam. Mulai dari motif flora hingga houndstooth tampak menghias beberapa bagian mukena. Sejumlah desainer bahkan memasukkan wastra Nusantara dalam wujud sarung serta motif batik dan jumputan.

Meski demikian, mukena klasik berwarna putih dengan hiasan bordir yang memenuhi bagian bawah mukena maupun di seluruh bagian mukena tetap memiliki penggemar setia.

Bagi mereka, mukena putih membuat mereka lebih fokus pada nilai ibadah. Warna putih juga melambangkan kesucian.

Bahan yang digunakan para desainer banyak berupa satin silk yang tentu diyakini lebih ringan saat dipakai maupun dibawa bepergian. Ada pula yang memberi sentuhan pleats.

Uniknya, ada mukena two pieces yang ditambahkan lagi penutup kepala serupa hijab. Ada pula mukena yang bisa dipakai seperti cape panjang sehingga tidak merusak hijab.

IN2MOTIONFEST (Indonesia International Modest Fashion Festival) adalah rangkaian pameran, talkshow, dan pameran modest fashion yang menjadi bagian dari Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) persembahan Bank Indonesia.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo berharap bahwa IN2MOTIONFEST dalam tiga tahun ke depan akan menjadi festival modest fashion terbesar di dunia.




Step by Step Arabian Makeup yang Mudah untuk Diikuti

Sebelumnya

Kembali Jadi Tren, Ini Referensi 5 Padu Padan Rok Jeans untuk Tampilan Casual yang Feminin

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga