post image
Nicke Widyawati/ Net
KOMENTAR

RAPAT Umum Pemegang Saham (RUPS) Pertamina kembali memilih Nicke Widyawati sebagai Direktur Umum (Dirut) Pertamina (31/10/22), Ia adalah perempuan kedua yang menjadi Dirut Pertamina setelah Karen Agustiawan yang menjabat pada periode 2009-2014.

Nicke dinilai mampu mengantarkan perseroan bertransformasi sekaligus meraih kinerja terbaik sepanjang periode pertama kepemimpinannya sejak April 2018 sampai dengan September 2022 sehingga kembali mendapat kepercayaan untuk memimpin perusahaan energi negara tersebut.

Selain itu ia juga dinilai sanggup mengkonsolidasikan kekuatan perusahaan untuk menjaga ketahanan energi nasional dan menjalankan transisi energi dalam kondisi pandemi COVID-19, konflik geopolitik Rusia-Ukraina, dan perubahan iklim.

"Sebagai pucuk tertinggi kepemimpinan di BUMN Migas nasional, saya memiliki tanggung jawab untuk memastikan Pertamina terus memberikan energi untuk bangsa dan negara dan membawa Pertamina sebagai perusahaan energi global yang menjadi lokomotif penggerak pertumbuhan ekonomi nasional," ujar Nicke.

Jejak Nicke Widyawati

Nicke Widyawati lahir di Tasikmalaya, 25 Desember 1967. Ia alumni SMA 1 Tasikmalaya dan menempuh pendidikan Sarjana Teknik Industri di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1991 serta Master Hukum Bisnis di Universitas Padjadjaran pada tahun 2009.

Sebelum meniti karir di Pertamina, ia menekuni karir di PLN sebagai Direktur Perencanaan Korporat PLN dan Direktur Pengadaan Strategis PLN.

Sebelumnya ia juga pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Mega Eltra, yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia dan Vice President Corporate Strategy Unit (CSU) PT Rekayasa Industri.

Nicke tercatat pernah meraih penghargaan Women’s Empowerment Principles (WEP’s) 2021 untuk kategori Leadership Commitment dan juga mendapatkan gelar Indonesia Best CEO Award 2021 kategori Employee’s Choice dari Iconomics Research and Consulting.

Pada tahun 2021, Nicke menduduki urutan ke 27 dari 100 wanita paling berpengaruh di dunia (The World’s 100 Most Powerful Woman) versi Forbes. Dan di tahun 2022 ini, Nicke masuk ke dalam daftar 50 perempuan berpengaruh di dunia atau Most Powerful Women Internasional versi Majalah Fortune.




Bukan Perempuan 'Biasa', Inilah Sosok Erina Gudono Sang Calon Mantu Presiden Jokowi

Sebelumnya

Membanggakan, Perempuan Muslim Berdarah Palestina Ini Jadi yang Pertama Duduki Kursi Parlemen Georgia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Women