Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

MUSIM hujan dan banjir seringkali dikaitkan dengan meningkatnya kerentanan untuk terserang penyakit. Salah satu upaya mencegahnya adalah dengan meningkatkan imunitas tubuh.

Imunitas tubuh yang kuat bisa melindungi dari serangan penyakit. Untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh selama musim hujan, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan.

  • Jaga tubuh tetap terhidrasi

Musim hujan biasanya membuat seseorang mudah buang air kecil. Karenanya, pastikan tubuh tetap terhidrasi dan teliti pada kebersihan air yang dikonsumsi.

  • Hindari genangan air

Genangan air yang dihasilkan dari sisa hujan, ada baiknya dihindari. Sebab, bisa jadi genangan tersebut sudah tercampur dengan kencing tikus yang menyebabkan penyakit leptospirosis. Di genangan itu juga ada berbagai bakteri yang bisa mengganggu pencernaan.

  • Usahakan selalu memakai pakaian kering

Saat pakaian basah, sangat besar kemungkinan temperatur tubuh akan menjadi drop. Ini tentu akan menurunkan imunitas tubuh. Jadi, ada baiknya untuk segera mengeringkan pakaian atau mengganti pakaian saat basah. Dan, segeralah mandi untuk membersihkan diri dari kotoran saat menerjang banjir.

  • Makan makanan bergizi

Keseimbangan vitamin dan mineral tubuh sangat dibutuhkan agar sistem kekebalan berfungsi dengan baik. Karenanya, berikan tubuh asupan makanan kaya vitamin dengan nutrisi seimbang.

  • Seimbangkan aktivitas fisik dengan istirahat yang cukup

Terlalu letih bisa membuat tubuh mudah terserang penyakit. Sebaliknya, tidak pernah bergerak akan memperlambat sistem metabolisme, yang akhirnya juga membuat daya tahan tubuh menurun.

Yang benar, lanjutkan rutinitas olahraga ringan, tapi jangan sampai tidur larut malam. Dengan begitu, tubuh memiliki waktu yang tepat untuk menyeimbangkan diri.

Jaga kebersihan diri agar tidak mudah terserang penyakit. Cara paling mudah adalah dengan membiasakan diri mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah batuk, bersin, membuang sampah, menggunakan kamar mandi, atau mengganti popok bayi.




Waspada Kanker Kandung Kemih: Sadari, Cegah, dan Harapan Baru Pengobatan

Sebelumnya

Makanan yang Harus Dihindari Ibu Menyusui Saat Bayi Alami Batuk Pilek

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health