Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

PRIA memang selalu terlihat sebagai sosok yang kuat dan jarang sekali terserang penyakit. Tapi siapa sangka jika faktanya tidak demikian.

Untuk urusan flu, ternyata pria lebih rentan terserang flu dibandingkan perempuan. Bahkan saat flu, pria akan jauh merasa lebih menderita, karena gejala flu yang berat.

Dailymail.co.uk menulis, sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa pria lebih rentan terkena virus flu. Mereka menemukan bahwa hormone testosteron yang ada di dalam tubuh prialah penyebabnya.

“Hormon itu memiliki respon antibody yang lebih rendah, sehingga membuat sistem kekebalan tubuh pria menjadi lebih rendah daripada wanita,” kata Profesor Mark Davis, dan Stanford University, California, yang memimpin penelitian itu.

Lewat penelitiannya, Profesor Davis juga memberikan peringatan bagi pria yang senang mengonsumsi suplemen testosterone demi membentuk badan mereka. Sebab, hal ini malah akan melemahkan sistem imunitas mereka.

Tak hanya rentan flu, saat terserang flu pria juga cukup menderita daripada wanita. Bahkan, menurut data yang diterbitkan British Medical Journal (BMJ), saat pria terserang flu terkadang dalam beberapa kasus juga bisa menyebabkan kematian.

Seorang dokter menganalisa beberapa studi yang melibatkan hewan dan manusia. Studi dr Kyle Sue ini menemukan bahwa hormon seksual pria bisa menghalangi kerja sistem imun.

“Kalau hormon seksual wanita justru sebaliknya, bisa membantu kerja sistem imun,” kata Kyle.

Para peneliti juga menemukan bahwa vaksin influenza cenderung memicu reaksi kekebalan tubuh yang lebih maksimal pada wanita. Hal ini juga diyakini karena hormon testosteron pria yang memiliki respon imun yang rendah terhadap virus penyebab flu, sehingga reaksi vaksinasi tidak terlalu optimal. 

Hanya saja Kyle mengaku bahwa studinya masih memiliki batasan. Satu hal yang tidak diperhitungkan adalah faktor gaya hidup, seperti kebiasaan merokok.

Bisa saja, pria lebih rentan karena memang rata-rata gaya hidupnya lebih buruk dibandingkan wanita.




8 Langkah Cegah Kerontokan Rambut Saat Puasa

Sebelumnya

Benarkah Puasa Dapat Menyebabkan Kerontokan Rambut pada Perempuan Berhijab?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health