Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

FLU adalah salah satu penyakit musiman. Flu juga menjadi pertanda bahaya dari suatu penyakit. Di era pandemi, flu menandai seseorang positif Covid-19.

Flu tidak bisa dianggap remeh, karena sudah banyak penderita flu yang akhirnya meninggal dunia, karena tidak mendapat penanganan yang segera dan tepat. Apalagi, jika flu dibarengi dengan 10 gejala ini, kamu perlu segera mewaspadainya.

10 Gejala yang Menyertai Flu

Flu Lebih dari 3 Minggu

Jika kamu mengalami gejala flu, seperti batuk dan pilek, lebih dari 3 minggu, harap hati-hati. Gejala berkepanjangan ini dapat memicu asma, pneumonia, atau berbagai jenis patologi paru-paru.

Flu Datang dan Pergi

Flu yang terlalu cepat datang dan pergi, misalnya hanya dalam hitungan jam atau hari, adalah tanda-tanda darurat. Jangan disepelekan, karena bisa jadi merupakan salah satu tanda flu kamu lebih serius dari yang dipikirkan.

Cairan Hidung dan Dahak Berwarna

Jika dahak dan cairan hidup mulai muncul dengan warna, jangan disepelekan. Besar kemungkinan hal tersebut dipicu oleh sel darah putih yang mencoba melawan infeksi dari dalam tubuh. Jika demikian, berada sedang ada masalah pada tubuhmu.

Mata Mulai Gatal dan Berair

Flu yang parah biasanya ditandai dengan mata mulai gatal dan mengeluarkan air. Jika air mata keluar lebih sering, jangan anggao remeh. Besar kemungkinan kamu sedang mengalami alergi. Segera konsultasi ke dokter.

Berat Badan Turun

Jika flu menyebabkan kamu mengalami penurunan berat badan yang sangat signifikan, maka ini bisa jadi kondisi yang memrihatinkan. Ini bisa menjadi tanda-tanda hyperthyroidism, infeksi bakteri, atau justru HIV.

Dada Sesak, Nyeri di Kepala dan Beberapa Bagian Tubuh

Ketika flu disertai gejala dada sesak, nyeri di kepala dan beberapa bagian tubuh, harap berhati-hati. Bisa jadi, kamu sedang mengalami asma, infeksi sinus, bahkan meningitis.

Flu yang tergolong parah dapat mmebuat otot-otot dan tubuh merasa pegal. Biasanya, disertai dengan kelelahan dan menggigil. Ini juga merupakan salah satu gejala flu yang lebih serius dari yang kamu pikirkan.

Jika mengalami flu dengan gejala tersebut di atas, segera hubungi dokter untuk pengobatan lebih lanjut.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health