Wisata Kebun Teh Cikuya, Lebak, Banten/Net
Wisata Kebun Teh Cikuya, Lebak, Banten/Net
KOMENTAR

ALAM Indonesia memang sungguh luar biasa. Pantas jika kemudian mendapat gelar “Negara Terindah di Dunia” (Forbes, 22 Februari 2022). Tidak hanya cantik, alam Indonesia memiliki potensi sumber daya yang sangat banyak.

Seperti Kebun Teh Cikuya di Lebak, Banten. Rupanya, teh yang berasal dari Kebun Cikuya ini sudah diakui dunia, bahkan menyabet gelar sebagai teh terbaik di dunia.

“Pada 2015 juara 1 dunia teh kategori teh oolong. Dan pada 2018 juara 2 untuk teh oolong dan teh merah,” kata Manajer Harendong Green Farm, Apau.

Letaknya tersembunyi di balik perbukitan yang ada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, dan dikelola oleh PT Harendong Green Farm mulai 2006.

Kebun teh ini berada di dataran tinggi, di atas 700 Mdpl. Luas lahannya sekitar 30 hektar dan teh yang ditanam merupakan jenis Camellia Sinesis, salah satu jenis teh termahal karena berkualitas tinggi.

“Teh jenis ini tidak banyak ditanam di Indonesia. Hanya di Banten dan Bengkulu saja,” ujar Apau.

Wisata Kebun Teh

Sudah sejak lama Kebun Teh Cikuya Lebak menjadi tujuan wisata lokal. Pemerintah Lebak menjadikannya sebagai tempat wisata unggulan daerah.

Hamparan kebun teh yang tertata rapi, jadi daya tarik untuk berswa foto. Beberapa kali tempat ini juga viral di media sosial lantaran sukses menghadirkan spot foto yang menarik perhatian warganet.

Apau mengaku, sebenarnya tidak ada niat pihaknya membuat lokasi ini sebagai tempat tujuan wisata. Tapi karena banyak yang tertarik datang, mau tak mau dipercantik dengan membuat beberapa spot foto di sekitar kebun teh.

Selain berfoto, pengunjung juga bisa mencicipi teh yang diproduksi di sini. Ada kafe khusus yang dibuat untuk wisatawan dengan beragam menu teh seperti teh oolong, teh merah, teh hijau dan teh opa.

Selain itu, pengunjung juga bisa membawa pulang produk teh sebagai oleh-oleh.




Bali Tawarkan Pariwisata Baru Kolaborasi Seni, Budaya, dan Inovasi

Sebelumnya

Festival Balon Udara 2024 di Wonosobo, Suguhkan Langit Cappadocia Khas Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon