Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

INSTAGRAM menjadi salah satu platform media sosial terbesar di dunia pada saat ini. Menurut data We Are Social, pengguna aktif bulanan Instagram di seluruh dunia mencapai 1,45 miliar orang (hingga April 2022).

Indonesia sendiri memiliki 99,9 juta pengguna aktif bulanan Instagram untuk waktu yang sama. Jumlah itu merupakan yang terbesar keempat di dunia, di bawah India, Amerika Serikat, dan Brasil.

Namun di saat yang bersamaan, hal ini membawa kekhawatiran sendiri bagi orangtua. Karena, angka kasus cyber bullying pada anak juga semakin tinggi.

Karena itulah, Instagram meluncurkan fitur pengawasan orangtua dalam kampanye #AnakIndonesiaAmanDigital. Peluncuran fitur anyar ini bekerja sama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemenpppa) dan beberapa komunitas parenting, serta pegiat anak.

“Mendapat informasi adalah hak anak yang harus dipenuhi oleh orangtua. Namun kita semua menyadari, kemajuan informasi digital dapat menyebabkan konsekuensi untuk anak,” kata Menteri PPPA Bintang Puspayoga, dalam peluncuran Fitur Pengawasan Orangtua Instagram, Selasa (13/9).

Fitur pengawasan ini merupakan fitur yang memungkinkan orangtua untuk menghubungkan akun Instagram mereka dengan akun anak. Setelah kedua akun terhubung, orangtua bisa mengetahui aktivitas yang dilakukan anak di Instagram.

Manfaat lainnya adalah:

  • Mengatur durasi pemakaian Instagram untuk anak.
  • Melihat daftar akun yang di-follow oleh anak.
  • Orangtua mendapatkan notifikasi secara langsung bila anak melaporkan sesuatu ke Instagram (memposting).
  • Instagram dapat memahami usia pengguna yang sebenarnya, membatasi munculnya iklan di akun anak-anak, menghentikan kontak yang tidak diinginkan, dan akun anak remaja akan otomatis ter-private.

“Keamanan pengguna adalah prioritas kami di Instagram. Inilah mengapa kami terus meluncurkan fitur-fitur keamanan, agar pengguna bisa membangun pengalaman positif saat menggunakan Instagram,” kata Head of Instagram Policy Program untuk wilayah Asia Pasifik Tara Bedi.

Fitur yang dimaksud adalah manajemen waktu, filter komentar, filter perundungan, dan transparansi.




Film Horor dan Dampak Psikologisnya terhadap Anak

Sebelumnya

Tidak Mendapat Hak Waris, Ini yang Nanti Diterima Anak Adopsi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family