KOMENTAR

PARA pengguna ponsel mungkin masih banyak yang kebingungan jika harus mengaktifkan fitur "scan QR code" di aplikasi PeduliLindungi untuk check-in ke ruang publik di saat sinyal internet buruk atau kehabisan kuota internet.

Perlu diingat, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah mengaktifkan fitur yang memungkinkan masyarakat check-in ke ruang publik tanpa memerlukan akses internet.

Fitur offline check-in tersebut tidak mempunyai tombol khusus untuk diklik atau cara khusus untuk mengaktifkannya. Tidak ada perbedaan dengan cara check-in seperti biasa, hanya saja tidak memerlukan akses internet.

Berikut panduan untuk bisa scan QR code PeduliLindungi sekalipun kita sedang kehabisan paket data internet.

#1 Pastikan kita telah memperbarui versi terbaru PeduliLindungi. Fitur check-in secara offline sudah ditambahkan sejak versi 4.0.8 aplikasi PeduliLindungi.

#2 Periksa notifikasi yang muncul saat kita sedang dalam kondisi offline. Jika sinyal kurang baik, kita bisa mematikan koneksi seluler dan paket data internet dengan mengaktifkan airplane mode.

#3 Buka PeduliLindungi, klik pilihan "scan QR code" di halaman depan. Setelah kamera terbuka, arahkan ke kode yang terpasang di pintu masuk ruang publik.

#4 Klik check-in, nanti akan muncul notifikasi tambahan bahwa perangkat kita tidak terkoneksi ke dalam jaringan. Muncul pula keterangan bahwa hasil check-in offline diperoleh berdasar informasi vaksinasi terbaru kita yang sudah tercatat dalam aplikasi PeduliLindungi.

Tak sulit, bukan?

Kita kini tak perlu bingung lagi untuk masuk ke ruang publik di saat sinyal internet buruk atau kehabisan kuota.

Namun saat ini sudah banyak juga ruang publik yang menyediakan akses wi-fi gratis yang secara otomatis bisa dihubungkan ke ponsel kita. Kita bisa mengaksesnya sebentar jika memang ingin tetap check-in secara online.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family