post image
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

SERINGKALI anak menggaruk kepalanya hingga terluka karena kulit kepalanya gatal akibat ketombe. Atau rambut anak menjadi bau lantaran ketombe basah yang sulit sekali untuk dihilangkan.

Ada banyak penyebab kulit anak berketombe, seperti terlalu sering atau bahkan terlalu jarang memakai sampo, cuaca yang terlalu panas sehingga kepala anak sering berkeringat, eczema (eksim atau dermatitis atopik), atau terkena kulit terbakar di kepala.

Bunda, jangan biarkan anak terus menggaruk, karena luka di kepala yang disebabkan oleh garukan tersebut akan memengaruhi konsentrasi belajarnya. Iritasi yang disebabkan oleh luka itu juga harus segera disembuhkan, agar tidak semakin gatal.

Cegah gatal di kepala anak dengan lakukan cara ini:

1. Sisir dulu sebelum keramas
Langkah yang baik untuk mengusir ketombe dari kulit kepala adalah dengan menyisir rambut sebelum keramas. Tujuannya, mengurangi jumlah ketombe sehingga bisa lekas keluar dari kepala, sehingga tidak semakin menumpuk.

2. Pakai minyak bayi
Setelah disisir, gunakan minyak bayi untuk mengusir ketombe. Jika masih ada yang menggumpal, pijat hingga ketombenya lepas. Jika perlu, sisir kembali rambut anak hingga lepas dari rambut.

3. Gunakan sampo bayi dan bilas bersih
Salah satu penyebab anak berketombe adalah pemakaian sampo yang tidak dibilas dengan bersih, sehingga masih ada sisa sampo menempel. Nah, coba ganti sampo anak dengan sampo bayi, karena sampo bayi lebih mudah dibilas. Tapi tetap pastikan proses membilasnya hingga bersih, ya.

4. Gunakan sampo khusus
Jika ketombe anak tergolong berat, coba gunakan sampo khusus ketombe. Bunda bisa terlebih dulu berkonsultasi dengan dokter.

Saat memakai sampo khusus tersebut, diamkan selama 2 menit agar si sampo benar-benar bekerja mengangkat ketombe, lalu bilas bersih. Atau jika anak memiliki potensi terus berketombe, perhatikan pH normal pada kulit kepalanya dengan menggunakan sampo khusus atau cuci rambut secara berkala, namun jangan terlalu sering.

5. Gunakan lotion antijamur
Bunda bisa membeli lotion antijamur dan disesuaikan dengan usianya.

Sekali berketombe, sudah pasti ketombe akan muncul kembali. Karena itu pastikan rutinitas keramas anak dan kebersihan saat membilasnya.




Benarkah Asam Urat Tinggi Picu Kolesterol Tinggi? Apa Bahayanya?

Sebelumnya

Seberapa Efektif Ekstrak Cacing Tanah dalam Mengobati Tipes?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health