post image
Menkeu Sri Mulyani bersama Managing Director IMF Kristalina Georgieva dan Director General World Trade Organization (WTO) Ngozi Okonjo-Iweala/ Foto: Instagram @smindrawati
KOMENTAR

MENTERI Keuangan Sri Mulyani Indrawati merupakan salah satu srikandi yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di pentas global dalam bidang ekonomi.

Lahir di Tanjung Karang, Lampung, Indonesia pada 26 Agustus 1962, Sri Mulyani Indrawati memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia (1986). Ia kemudian melanjutkan studinya di University of Illinois di Urbana-Champaign, Amerika Serikat dan meraih gelar Ph.D. di bidang Ekonomi (1992).

Sebagai spesialis di bidang keuangan publik, kebijakan fiskal dan ekonomi tenaga kerja, Sri Mulyani telah berkali-kali menjabat posisi penting baik di dalam negeri maupun di kancah global.

Nama Sri Mulyani terpilih sebagai Direktur Eksekutif di Dana Moneter Internasional dari 2002 hingga 2004. Pada Desember 2005, ia memulai jabatan baru sebagai Menteri Keuangan.

Sri Mulyani kemudian diangkat sebagai Managing Director dan Chief Operating Officer Bank Dunia pada Juni 2010. Lalu pada Juli 2016, ia kembali ke layanan publik Indonesia sebagai Menteri Keuangan.

Pada Februari 2018, ia dianugerahi sebagai “Menteri Terbaik di Dunia” di World Government Summit di Dubai.

Pada 23 Oktober 2019, Sri Mulyani Indrawati diangkat kembali sebagai Menteri Keuangan pada kabinet periode kedua Presiden Joko Widodo. Dan pada Oktober 2020, ia menerima penghargaan dari majalah Global Markets sebagai Menteri Keuangan Tahun Ini untuk Asia Timur Pasifik sebagai pengakuan atas upayanya dalam menangani pandemi COVID-19 di Indonesia.

Sebagai Menteri Keuangan, Sri Mulyani dikenal sebagai sosok yang tegas. Meski demikian, secara personal, ia merupakan sosok yang hangat dan memiliki pergaulan yang luas.

Ia rutin mengunggah berbagai aktivitasnya ke media sosial, baik dalam tuntutan profesional sebagai menteri keuangan maupun dalam keseharian bersama keluarga dan sahabat.

Baginya, media sosial adalah salah satu jembatan informasi yang bisa dimanfaatkan untuk menyosialisasikan banyak hal terkait kebijakan ekonomi negara dalam narasi yang lebih ringkas dan sederhana.

Sri Mulyani juga banyak mengunggah keakrabannya dengan sejumlah tokoh perempuan dunia dari berbagai negara. Dari segenap tugas yang diemban, pertemuan demi pertemuan dengan para tokoh perempuan itu membuahkan persahabatan tulus.

Berikut ini 4 (empat) momen keakraban Menkeu Sri Mulyani bersama para tokoh perempuan dunia saat kunjungannya ke Amerika Serikat, April lalu.

1# Bersama Janet Yellen

Dalam kunjungan ke Amerika Serikat, Sri Mulyani tentu tak lupa menemui Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen.

Ditemani Duta Besar RI untuk AS Rosan Roeslani, Sri Mulyani membahas sejumlah komitmen untuk pemulihan ekonomi global. Di antaranya mengenai kerja sama global dalam pendanaan dan kesiapan mengantisipasi pandemi atau bencana non-alam global lain di masa mendatang.

2# Bersama Melinda French Gates

Mantan istri Bill Gates, Melinda French Gates, dikenal sebagai filantropis yang mendedikasikan hidupnya untuk melawan kemiskinan, penyakit, dan kesenjangan sosial.

Setelah dua tahun tak bersua, Sri Mulyani berbincang panjang dengan Melinda. Termasuk tentang bidang kesehatan, terutama terkait Biofarma yang terus menemukan dan memproduksi beragam vaksin dari beragam penyakit.

3# Bersama Christine Lagarde

Presiden European Central Bank Christine Lagarde juga termasuk salah satu sahabat Sri Mulyani. Christine bahkan memberikan ucapan "Selamat Hari Kartini" bagi perempuan Indonesia saat ia bersama Sri Mulyani mengikuti diskusi bersama tim IMF, PM Barbados Mia Mottley, dan Jerome Powell dari Federal Reserve of US.




Ketanji Brown Jackson, Wanita Kulit Hitam Pertama yang Dinobatkan Sebagai Hakim Mahkamah Agung AS

Sebelumnya

Lima Bulan Bertahan di Tengah Perang, Ini Curahan Hati Ibu Negara Ukraina Olena Zelenska

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Women