Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

PERNAH dengar ada ibu yang berkata seperti ini kepada anaknya? "Dek, jangan minum es terus, nanti kamu pilek dan batuk." Atau sebaliknya, "Saya sih nggak pernah melarang anak minum es atau air dingin, biar dia kuat, nggak gampang sakit!"

Pembahasan mengenai air dingin atau es menjadi perdebatan sendiri di kalangan orangtua. Ada beberapa yang melarang keras anaknya minum es, karena takut batuk dan pilek, dan ada pula yang cuek agar anaknya terbiasa dan tidak mudah sakit.

Nah, sebenarnya air dingin itu bagus atau tidak sih untuk anak-anak?

1. Lihat kondisi anak

Bunda, minum air dingin ternyata tidak masalah bagi anak-anak. Sebab, suhu dingin dari air hanya bertahan sementara. Begitu melewati kerongkongan, air dingin itu akan mengikuti suhu tubuh anak.

Tapi dengan catatan, kondisi tubuh anak dalam keadaan sehat, ya. Jadi, tubuh anak bisa mengatur suhu cairan yang masuk dengan cepat.

Kalau si kecil sedang flu atau demam, sebaiknya Bunda batasi dulu minum air dinginnya. Karena dikhawatirkan tubuhnya tidak mampu mengatur suhu cairan yang masuk. Nah, ini bisa berakibat pada munculnya infeksi saluran pernapasan, seperti hidung tersumbat, pilek, batuk, hingga radang tenggorokan.

2. Air dingin tidak membuat anak gemuk

Ada yang mengatakan, sering minum air dingin bisa membuat cepat gemuk. Ternyata, ini hanya mitos, ya.

Meskipun suhu air yang dingin berasa di bawah rata-rata, kalori yang dikandung tetap sama, yaitu 0.

Yang mengkhawatirkan adalah ketika air dingin tersebut dicampur dengan perasa tinggi gula. Ini yang bisa membuat berat badan anak bertambah.

3. Perhatikan kualitas air

Saat sedang bepergian, agar praktis Bunda membeli air mineral kemasan dan anak meminta yang dingin. Pastikan Bunda tidak membeli air kemasan yang kualitasnya tidak bagus, ya.

Pastikan kualitas air mineral tersebut terjamin, sehingga saat anak meminumnya dalam kondisi dingin pun akan aman-aman saja.

Jadi, air dingin tidak memiliki risiko saat dikonsumsi oleh anak. Asalkan, kondisi kesehatan tubuh anak sedang fit dan kualitas airnya terjamin.

Usahakan mengonsumsi air mineral dingin dan tidak dicampur dengan pemanis buatan, untuk mencegah obesitas pada anak.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family