Sosok cantik Ri Sol Ju, istri Presiden Korea utara Kim Jong Un/ Net
Sosok cantik Ri Sol Ju, istri Presiden Korea utara Kim Jong Un/ Net
KOMENTAR

HANYA sedikit fakta yang diketahui publik tentang sosok Ri Sol Ju, istri Presiden Korea utara Kim Jong Un. Ia sering tampil di muka umum bersama sang suami, namun juga sering ‘menghilang’ dalam waktu lama.

Jika sang presiden mencuri perhatian dengan sosoknya yang kontroversial juga nyentrik—termasuk persahabatannya dengan mantan pebasket NBA Dennis Rodman yang terjalin sejak tahun 2013, Ri Sol Ju dikenal memiliki paras cantik dan pesona misterius.

Saking misteriusnya, Ri Sol Ju diyakini banyak pihak bukan nama sebenarnya. Itu hanya nama yang sengaja dipilih untuk menutupi masa lalu sebelum perempuan itu menjadi istri orang nomor satu di Korea Utara.

Diberitakan kantor berita Korea Utara KCNA, Ri Sol Ju muncul di hadapan publik pada 2 Februari 2022, bersama Kim Jong Un menghadiri pertunjukan seni di Teater Mansudae, Pyongyang untuk merayakan libur tahun baru Imlek.

Itu adalah kemunculannya yang pertama kali setelah hampir lima bulan memilih ‘mengunci diri’ akibat pandemi COVID-19.

Terakhir kali Ri Sol Ju terlihat di muka umum adalah tanggal 9 September 2021. Saat itu ia dan sang suami datang ke Istana Matahari Kumsusan yang menjadi tempat peristirahatan terakhir jenazah mendiang ayah dan kakek Kim Jong Un yang dibalsem. Kunjungan itu merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan berdirinya Korea Utara.

Ibu Negara yang Misterius

Tertutupnya akses informasi media internasional ke Korea Utara memang menyulitkan publik untuk mengetahui asal-usul Ri Sol Ju.

Ri Sol Ju diperkirakan lahir dalam rentang waktu antara 1985 hingga 1989. Beberapa media menulis ia lahir 28 September 1989. Menurut AFP, Ri Sol Ju lahir di Hamkyong Utara, wilayah timur laut Korea Utara.

Ia dikabarkan masih memiliki hubungan saudara dengan orang dekat Kim Jong Un yang juga mantan jenderal angkatan Udara Korea Utara, Ri Pyong Chol.

Ri Sol Ju pernah mengeyam pendidikan di Kim Il Sung University, universitas paling prestisius di Korea Utara. Ia tumbuh dalam keluarga akademisi, dengan ayah seorang profesor dan ibu yang berprofesi sebagai dokter.

Riwayat keluarganya menunjukkan mereka termasuk masyarakat kelas atas di Korea Utara dan loyal terhadap pemerintah.

Banyak yang menyebut Ri Sol Ju berprofesi sebagai penyanyi sebelum menikah dengan Kim Jong Un. Ia bahkan disebut-sebut belajar tarik suara hingga ke Tiongkok.

Beberapa kalangan juga mengatakan Ri Sol Ju pernah mengunjungi Korea Selatan pada tahun 2005 ketika negara itu menjadi tuan rumah Kejuaraan Atletik Asia.

Tentang hari pernikahan keduanya, tak ada tanggal pasti yang beredar luas. Namun BBC melaporkan bahwa Ri Sol Ju dan Kim Jon Un menikah sejak tahun 2009.

Keduanya kini mempunyai tiga anak yang diperkirakan lahir pada tahun 2010, 2013, dan 2016. Momen saat Ri Sol Ju menghilang dari muka publik selama beberapa waktu diyakini bertepatan dengan kelahiran anak-anaknya.

Namun sebuah harian Korea Selatan menulis ada kemungkinan Kim Jong Un tertarik pada Ri Sol Ju setelah perempuan itu tampil di pentas musik tahun baru 2010 sebagai penyanyi dalam orkestra Unhasu Korea Utara yang disaksikan Kim Jong Un bersama sang ayah, Kim Jong Il.

Muncul Lalu Menghilang

Sosok Ri Sol Ju pertama kali tertangkap kamera pada tahun 2012. Saat itu ia mendampingi Kim Jong Un menghadiri sebuah konser musik di negaranya. Pada Juli 2012, BBC mempublikasikan informasi yang diberitakan media Korea Utara bahwa perempuan bernama Ri Sol Ju itu adalah istri Kim Jon Un.

Ia beberapa kali tampak mendampingi suaminya pada kurun 2012 sampai 2014. Kemudian dia menghilang dari muka publik lalu muncul kembali.

Pada bulan April 2018, KCNA mengumumkan bahwa jabatan “kamerad” yang disandang Ri Sol Ju telah naik menjadi “Ibu Negara yang Terhormat”.




Memaknai Hakikat Perempuan Hebat dari Sosok Mooryati Soedibyo: Empu Jamu Indonesia hingga Menjadi Wakil Rakyat

Sebelumnya

Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women